Membaca Pengaruh Pancasila: Dari Sudut Tulisan Habib Rizieq

Membaca disertasi bisa merupakan upaya menambah wawasan ilmu. Sekalipun tidak secara utuh, membaca suatu bagian yang dipilih bisa termasuk yang penting dari maksud ini. Sehubungan dengan itu, di bawah ini untuk menambah khazanah keilmuan, saya persilakan pembaca menyimak disertasi dari Dr Habib Rizieq Syihab yang ditulisnya sewaktu studi program doktor di Malaysia. Kutipan ini saya batasi pada mengambil satu aspek yang terpenting yaitu: judul, abstrak, kesimpulan umum, dan kesimpulan akhir.

 

1- Judul:

“PENGARUH PANCASILA TERHADAP PENERAPAN SYARIAH ISLAM DI INDONESIA”.

 

2- Abstrak: 

Pancasila dalam ketatanegaraan  Republik Indonesia adalah Lima Dasar Negara, iaitu : Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan, Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tesis ini bertujuan menguji hipotesis tentang benar adanya ”keyakinan” yang menyatakan bahawa di Indonesia yang berdasarkan Pancasila mustahil dilaksanakan  Syariah Islam. Oleh sebab itu, batasan kajian hanya tentang Penerapan Syariah Islam di Indonesia  secara  konstitusional  (perlembagaan  hukum  negara)  setelah kemerdekaan Indonesia sepanjang 62 tahun, dari tahun 1945 sampai dengan tahun 2007.

Kajian  ini  menggunakan   3  (tiga)  metode,  iaitu  :  Pertama,   Metode Pengumpulan  Data  yang  memiliki  3  (tiga)  cara,  iaitu  :  Kajian  Perpustakaan, Kajian  Sejarah,  dan  Wawancara.   Kedua,  Metode  Analisis Data yang  juga memiliki 3 (tiga) cara, iaitu : Analisis Deskriptif, Analisis Sejarah, dan Perbandingan.  Ketiga, Metode  Pengambilan  Kesimpulan  yang memilki  2 (dua) cara, iaitu : Induksi dan Deduksi. Sejak Republik Indonesia diproklamirkan telah terjadi tarik menarik antara kelompok Islam dengan kelompok Sekuler dalam menafsirkan Pancasila. Percanggahan politik antara kedua-dua kubu hingga waktu ini terus berlangsung. Kelompok Sekuler yang Islamiphobia selalu menolak pemberlakuan  Syariah  Islam di Indonesia  dengan berbagai  macam cara seperti mengagungkan Pancasila secara berlebih-lebihan, sehingga mereka selalu meletakkan   Islam  berhadap-hadapan   dengan  Pancasila.   Selama   ini,  tafsiran Pancasila selalu dipaksa untuk mengikuti  kemahuan penguasa. Pancasila hanya dijadikan sebagai alat politik untuk menguatkan kekuasaan. Di masa kekuasaan rejim Soekarno, yang sangat mengagungkan Karl Marx, Pancasila dijadikan alat politik  untuk  melindungi  fahaman  Marxisme,  Komunisme  dan  Sosialisme.  Di masa kekuasaan rejim Soeharto, yang sangat terkenal dengan Kejawen nya, yaitu mitos yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan Jawa, penafsiran Pancasila selalu dikait-kaitkan dengan kepercayaan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya  masyarakat  Jawa Kuno. Dan kini di masa Reformasi,  ketika  rakyat Indonesia sedang dilanda euforia kebebasan, maka tafsir Pancasila pun mulai diarahkan untuk mengikuti arus pemikiran liberal, sehingga berbagai bentuk kebebasan  tanpa batas dan pencampur-adukan  aqidah mendapat  peluang untuk berkembang  dengan  pesat  di  bawah  payung  Pancasila  atas  nama  Hak  Asasi Manusia (HAM). Itulah sebabnya, banyak dari kalangan Islam terus melakukan perlawanan   terhadap   penafsiran-penafsiran    subjektif   yang   politis   terhadap Pancasila. Mereka tidak anti Pancasila, tapi menolak segala bentuk distorsi (penyelewengan / penyimpangan) dari arti dan tujuan Pancasila yang sebenarnya. Melalui perjuangan gigih, akhirnya mereka berhasil meloloskan seperangkat perundang-undangan   yang   bernafaskan   Syariah   Islam   di  Indonesia,   seperti Kompilasi   Hukum   Islam   dalam   bidang   peradilan   dan   Kompilasi   Hukum Perbankan   Islam   dalam   bidang   ekonomi.   Akhirnya,   tesis   ini   mengambil kesimpulan  bahawasanya  Penerapan  Syariah  Islam di Indonesia  tidak mustahil dapat  dijalankan   dengan  baik  berdasarkan   kepada  pemahaman   yang  benar terhadap  makna  Pancasila  sebagai  Dasar  Negara  dan  sumber  perlembagaan hukum di Republik Indonesia.

 

3- Tujuan Kajian, Persoalan Kajian, Fokus Kajian

Tujuan kajian ini ialah untuk :

  1. Memahami sejarah lahirnya pancasila dan proses perumusannya.
  2. Memahami tafsiran  pancasila  di  tiap-tiap  periode  daripada  orde lama, orde baru dan reformas
  3. Memahami  sejauh  mana  pengaruh  pancasila  terhadap  penerapan syariah Islam di Indonesia
  4. Memahami sejauh mana penerapan syariah Islam boleh berlaku di Indonesia
  5. Memahami  prospek penerapan  syariah Islam di bawah pengaruh pancasila.
  6. Memahami  bagaimana  dapat   diPartikaikan   pancasila   sebagai penghalang penerapan syariah Islam di Indonesia

 

Persoalan Kajian

Kajian ini bertujuan untuk menjawab soalan-soalan yang  berikut:

  1. Apakah yang  dimaksudkan  pancasila  dan  bagaimana  proses kelahirannya serta  sejarah perumusannya ?
  2. Bagaimanakah  tafsiran  pancasila  di  tiap-tiap  periode  daripada orde lama, orde baru dan reformasi ?

3.  Sejauh manakah pengaruh pancasila terhadap penerapan syariah Islam di Indonesia

4.  Apakah perlembagaan (Yuridis konstitusional) di Indonesia memperbolehkan adanya  penerapan syariah Islam ?

5. Apa bukti nyata penerapan syariah Islam boleh berjalan di bawah pengaruh pancasila   di  Indonesia?   Apa  sahaja  undang-undang syariah Islam yang sudah ada di Indonesia dan bagaimana proses kelahirannya ? Bagaimana sebenarnya Kompilasi Hukum Islam (KHI) yang ada di Indonesia dan aplikasinya ? Bagaimana prospek penerapan syariah Islam di bawah pengaruh pancasila

6. Bagaimanakah proses pancasila menjadi diPartikaikan sebagai penghalang penerapan syariah Islam di Indonesia ? Apa halangan penerapan Syariah Islam di bawah pengaruh Pancasila dan bagaimana penyelesaiannya ?

 

Fokus Kajian

Kajian   mengenai   tajuk   berkenaan   tentu   amat   luas   memandangkan Indonesia secara geografis adalah amat luas, dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Irian (Papua). Sejarah Islam di Indonesia pun amat panjang semenjak sebelum penjajahan Barat atas Kepulauan Nusantara sampai dengan zaman kemer-dekaan hingga kini. Oleh yang demikian, kajian ini perlu diberikan batasan sebagai mana yang berikut :

  1. Tema  penyelidikan   hanya  berkenaan  penerapan  syariah  Islam sahaja.
  2. Tempat   penerapan   syariah   Islam   yang   akan   diteliti   hanya Indonesia.
  1. Waktu penerapan  syariah  Islam  yang akan diteliti  hanya  setelah kemerdekaan   Indonesia  sepanjang  62  tahun,  dari  tahun  1945 hingga tahun 2007.
  2. Sifat penerapan  syariah  Islam  yang  akan  diteliti  hanya  yang bersifat nasional 28, bukan lokal atau daerah.
  3. Status penerapan  syariah  Islam  yang  akan  diteliti  hanya  yang berstatus Undang-Undang Negara

 

4. Kesimpulan (Global)

Berdasarkan  fakta  dan  data  yang  telah  terungkap  dalam  pemaparan sepanjang Bab Lima ini, maka kesimpulan  yang ingin penulis  huraikan disini adalah :

  1. Bahawa penerapan syariah Islam di Indonesia untuk klasifikasi hukum perseorangan, keluarga  dan masyarakat  sudah terbuka lebar, bahkan sebahagian sudah berjalan dan dikuatkuasakan, hanya perlu disempurnakan  lagi.  Sedang  penerapan  syariah  Islam  di  Indonesia untuk  klasifikasi  hukum  negara, masih  perlu  diperjuangkan  dengan gigih, kerana kesempatan tetap terbuka.
  1. Bahawa umat Islam Indonesia wajib segera melaksanakan semua klasifikasi hukum   perseorangan,  keluarga   dan   masyarakat,   agar semakin  lebih  mantap  penerapan  Syariah  Islam  di  Indonesia.  Dan wajib untuk terus memperjuangkan perlembagaan syariah Islam dalam semua bidang kehidupan masyarakat,  termasuk perlembagaan  semua hukum yang berkaitan dengan pemerintah dan kekuasaan negara, sehingga  boleh  mencapai  kesempurnaan  dalam  penerapan  syariah Islam di Indonesia.
  1. Bahawa  Perjuangan  penerapan  syariah Islam di Indonesia  mendapat tentangan dan kesulitan yang cukup berat, sama ada yang datang dari dalam  mahu  pun  dari  luar.  Dan  cabaran-cabaran  tersebut ada  diberbagai aspek mahu pun sektor, mulai dari sosial, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, dakwah, dan lain sebagainya.
  1. Bahawa    untuk   mengatasi    berbagai    cabaran   dalam   perjuangan penerapan Syariah Islam di Indonesia, maka diperlukan jalan penyelesaian yang praktikal dan strategis serta tepat untuk digunakan.
  1. Bahawa sungguhpun  tentangan  dan kesulitan  yang mencabar  dalam perjuangan penerapan syariah Islam di Indonesia, namun   perjuangan tersebut tetap berjalan, bahkan sudah mulai banyak membuahkan hasil, seperti lahirnya berbagai perundang-undangan syariah di Indonesia.

 

Penutup

Kesimpulan Akhir 

Setelah melalui kajian dan analisa dari berbagai fakta dan data melalui  tajuk demi tajuk dalam tiap-tiap Bab, dengan memperhatikan  secara saksama dan meneliti secara cermat dari semua kesimpulan tiap-tiap Bab, maka penulis membuat Kesimpulan Akhir sesuai Objektif Kajian, iaitu :

  1. Tentang    Memahami    sejarah    lahirnya    pancasila    dan    proses perumusannya, penulis menyimpulkan :

Bahwasanya Rumusan Pancasila I adalah rumusan Pancasila yang paling tulen,   kerana   merupakan  Konsensus   Nasional   yang   pertama   kali disepakati oleh para Bapak Penubuh (Founding Father) Negara Indonesia, samada dari Kelompok Islam mahu pun dari Kelompok Sekular, dan dihasilkan melalui musyawarah yang penuh rasa kekeluargaan dan saling pengertian, melintasi sektoral tanpa campurtangan asing, serta melibatkan berbagai komponen bangsa secara representatif,  yang sekaligus menjadi keputusan rasmi sidang BPUPKI.

Dan  bahawa  semua  rumusan  Pancasila  yang  lahir  setelah  Rumusan Pancasila  I, tidak  tulen,  bahkan penuh  rekayasa  dan  permainan  politik yang   tidak   sihat,   sehingga   hanya   merupakan  penyelewengan dari kesepakatan para Bapak Penubuh (Founding Father) Negara Indonesia, sekaligus merupakan pengkhia-natan terhadap Konsensus Nasional.

 

  1. Tentang memahami Tafsiran Pancasila di tiap-tiap periode daripada orde lama, orde baru dan reformasi, penulis menyimpulkan :

Bahawa  sejak  kemerdekaan  Indonesia  pada  tahun  1945  hingga  kini, Tafsiran  Pancasila  selalu  mengikut kemahuan  penguasa  yang memeliharanya,  dan  selalu  dijadikan  sebagai  alat  politik  untuk mengokohkan kekuasaan, sekaligus menghabiskan lawan-lawan politik penguasa.

Dan  bahawa  sejak  Orde  Lama  sudah  muncul  Pensakralan  Pancasila, hanya   sahaja   di   Era   Orde  Baru   Pensakralan   Pancasila   mencapai puncaknya. Dan di era Orde Reformasi mulai memudar, bahkan kini Pensakralan Pancasila sudah runtuh.

  1. Tentang   memahami   sejauh   mana   pengaruh   pancasila   terhadap penerapan syariah Islam di Indonesia, penulis menyimpulkan :

Bahawa di bawah bayang-bayang Pensakralan Pancasila, ternyata Penerapan Syariah Islam dalam berbagai sektor, baik di era Orde Lama mahupun Orde Baru, apalagi di era Reformasi, tetap boleh berjalan. Kini, usaha penerapan Syariah Islam dalam berbagai bidang makin digalakkan

Dan bahawa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Dasar Negara tidak sakral atau pun keramat, kerananya setiap saat boleh diganti atau pun diubah secara konstitusional,  tergantung kepada kemahuan dan keinginan rakyat Indonesia.

  1. Tentang  memahami  sejauh  mana  penerapan  syariah  Islam  boleh berlaku di Indonesia, penulis menyimpulkan :

Bahawa  penerapan  Syariah  Islam  adalah  kewajiban  ugama  berdasarkan Dalil  Naqli  mahu  pun  Dalil Aqli  yang  sangat  boleh  dipertanggung- jawabkan secara syar’i, sehingga tidak boleh ditolak oleh siapa pun, dan wajib ditegakkan  dengan adil, tanpa membeza-bezakan  status dan strata masyarakat.

Dan bahawa penerapan Syariah Islam di Indonesia bukanlah sesuatu yang baru ada setelah kemerdekaan 1945. Bahkan bukan pula baru ada setelah penjajahan Belanda, melainkan sesuatu yang sudah ada jauh sebelum kedatangan penjajah Belanda. Kerananya, memperjuangkan penerapan Syariah Islam di Indonesia bukanlah hal yang berlebihan atau mengada- ada, melainkan sesuatu yang memiliki landasan sejarah dan kultural yang amat kuat.

Dan bahawa penerapan Syariah Islam di Indonesia secara Yuridis Konstitusional sangat-sangat  dibolehkan, sama ada berdasarkan Pancasila mahupun Undang-Undang Dasar 1945.

  1. Tentang  memahami   prospek  penerapan  syariah  Islam  di  bawah pengaruh pancasila, penulis menyimpulkan :

Bahawa  penerapan  syariah  Islam  di Indonesia  untuk  klasifikasi  hukum perseorangan, keluarga dan masyarakat sudah terbuka luas, bahkan sebahagian sudah berjalan dan dikuatkuasa,  hanya perlu disempurnakan. Sedang  penerapan  syariah  Islam  di  Indonesia  untuk  klasifikasi  hukum negara, masih perlu diperjuangkan dengan gigih, kerana kesempatan tetap terbuka.

Dan bahawa umat Islam Indonesia wajib segera melaksanakan semua klasifikasi  hukum perseorangan, keluarga dan masyarakat,  agar semakin lebih  memantapkan  penerapan  Syariah  Islam  di  Indonesia.  Dan wajib untuk  terus memperjuangkan  perlembagaan  syariah  Islam  dalam  semua bidang kehidupan masyarakat, termasuk perlembagaan semua hukum yang berkaitan   dengan  pemerintah   dan  kekuasaan negara,  sehingga   boleh mencapai kesempurnaan dalam penerapan syariah Islam di Indonesia.

Dan bahawa Negara Indonesia tidak boleh membuat peraturan perundang- perundangan atau mengeluarkan pendapat-pendapat yang bertentangan dengan dasar keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai inti dari Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

Dan bahawa Negara Indonesia telah secara nyata membolehkan perlembagaan Syariah Islam, sehingga di Indonesia telah berlaku berbagai Hukum   Islam   yang   berkaitan   sama   ada   dengan   Ibadat   mahu   pun Mu’amalat.

  1. Memahami bagaimana dapat  dipertikaikan  pancasila  sebagai penghalang penerapan syariah Islam di Indonesia, penulis menyimpulkan :

Dan bahawa Perjuangan penerapan syariah Islam di Indonesia mendapat tentangan  dan  kesulitan  yang  cukup  berat,  sama  ada  yang  datang  dari dalam mahu pun dari luar. Dan cabaran-cabaran tersebut ada di berbagai aspek mahu pun sektor, mulai dari sosial, politik, ekonomi, budaya, pendidikan, dakwah, dan lain sebagainya.

Dan   bahawa   untuk   mengatasi   berbagai   cabaran   dalam   perjuangan penerapan Syariah Islam di Indonesia, maka diperlukan jalan penyelesaian yang praktikal dan strategis serta tepat untuk digunakan.

Dan bahawa sungguhpun  tentangan dan kesulitan yang mencabar dalam perjuangan penerapan syariah Islam di Indonesia, namun   perjuangan tersebut  tetap  berlangsung,  bahkan  sudah  mulai  banyak  membuahkan hasil, seperti lahirnya berbagai perundang-undangan syariah di Indonesia.

Dan bahawa Penerapan Syariah Islam di Indonesia tidak mustahil dapat dijalankan  dengan  baik  berdasarkan  pemahaman  yang  benar  terhadap makna Syariah Islam dan Pancasila.

Dan   bahawa   Perlembagaan   dan   penguatkuasaan   Syariah   Islam   di Indonesia adalah sah dan berkonstitusioanl, tidak bertentangan dengan Pancasila mahupun Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (Erf).

1617

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *