Mengelola Perkuliahan dengan Aplikasi E-Learning: Mudah ataukah Sukar? (1)
Penulisan artikel ini semata-mata dimaksudkan untuk mempermudah merealisasikan tugas pengajar, yang setelah diberikan pembelajaran bersama melalui pelatihan harus mengaplikasikan yang diketahuinya di dalam pembelajaran kepada mahasiswa. Dapatnya menulis pegangan ini mungkin, karena sejak masa studinya di dalam studi S2 dulu sudah memandang bahwa teknologi adalah suatu yang dapat membuat lancar pencapaian kehidupan. Dengan terus mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang, banyak hal dalam hidup ini termudahkan, antara lain, dalam pembelajaran. Tak terkecuali di seputar Aplikasi E-learning, yang di kampus kami baru tahun 2020 ini diperkenalkan. Sebagai bagian yang masih tergolong awal, mungkin beberapa hal belum terlalu lancar diikuti, akan terus disempurnakan ketahuannya sambil terus mempraktekkannya.
Membuka dan Menutup
Begitu sudah mulai mengenal bagaimana memulai, maka yang penting tentunya mengenal (nanti) bagaimana menutupnya. Maka di bagian ini teknis ini dipakai hanya sekilas mengingatkan diri saja, karena ilmu membuka dan menutup ini dapat dikenali sendiri tatkala sudah melakukan pengelolaan kuliah. Siapapun akan menyesal bila tahu membuka aplikasi tanpa mengetahui bagaimana menutupnya.
Menu yang Diperkenalkan
Begitu aplikasi elearning ini dibuka, maka di sebelah kanan atas ada tanda yang mesti diklik. Dengan telah mengeklik tanda itu, dunia pengelolaan e-learning berarti sudah kita masuki. Ada hal sederhana yang perlu disimpan setelah itu; klik ubah untuk mengubah bagian yang ada di bawahnya, lalu setelah melakukan sesuatu ada yang mesti di-klik sesudah itu, yang berupa menyimpan apa yang sudah kita buat. Dengan melakukan penyimpanan, tanda ayem setelah berbuat dapat terlindungi, dan rasa dada berdebar karena data hilang akibat tidak disimpan dapat dihindari.
Pertama, Bagian Penyimpanan Menu
Ada struktur kamar atau kotak yang pertama-tama diperkenalkan kepada kita dari aplikasi elearning ini, yaitu pertama adalah blok-blok kuliahan yang kita tangani. Ini akan berupa peta-peta yang ditampilkan untuk dipilih pertama kali, sebelum menu-menu penting lainnya diproses lebih lanjut. Menu kuliah ini, sebelum diklik belum akan dapat dimanfaatkan untuk apapun. Namun, apabila sudah diklik, maka sesi-sesi atau apapun nama yang kita suka, akan dapat dimanfaatkan lanjut, dan tentu diproses.
Sesi 1, Sesi 2, Sesi 3, dst. bisa diedit: diproses, diedit, dikurangi, ditambah, disempurnakan
Urutan yang pertama-tama tertera, setelah melihat kelompok kotak-kotak perkuliahan adalah menu ini. Harap diingat terus, bahwa ini adalah ibarat kamar-kamar atau kotak-kotak yang ada bagi sebuah rumah atau bagi sebuah almari arsip yang setiap kamarnya/lemari arsipnya terdiri dari sekitar 16 kamar/kotak arsip. Dengan memiliki kamar-kamar atau korak-kotak arsip maka bahan apapun dapat dimasukkan ke dalamnya untuk diisikan di saat kita sudah ada kesempatan memasukkannya.
Maka dengan telah mengenal banyaknya kamar atau kotak-kotak arsip, maka kelompok-kelompok data terkait dengan bidang kegiatan pembelajaran yang kita tangani akan dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kamar atau ke dalam kotak, sesuai dengan kemampuan. Saya sebut, ada beberapa menu yang dapat dimaksukkan nanti ke dalam kotak-kotak ini dari kegiatan pembelajaran yang kita tangani, misalnya sebagai berikut:
Menu yang bisa ditangani di antaranya dapat berupa:
1-Assignment: berkaitan dengan tugas mahasiswa, memuat
— Nama tugas : bisa diisi UTS, UAS,
— Di bawahnya : tentang penyelesaian tugasnya
— Additional : untuk memberikan contoh tugas (choise file:) diklik.
*pilih filenya; ….. diopen,
*klik oplod this file, maka file pun masuk ke tempat yang kita maksudkan.
*Setelah hal2 di atas dilakukan, maka jangan lupa, menyimpan apa yang sudah dikerjakan.
— Simpan dan kembali ke kursus: jangan pernah dilupakan dari aktivitas assignment di atas (Erfan Subahar).
bersambung ….