Mengisi Kuliah Pascasarjana IAIN Pekalongan di Masa Pandemi Covid 19

Pada semester Gasal 2020/2021, perkuliahan di S2 IAIN Pekalongan untuk Studi Hadis Integratif saya isi secara team teaching. Penanganan perkuliahan saya tangani bersama Dr H Arif Hasanal Muna, MA. Dalam masa pandemi Covid 19, sudah tentu perkuliahan tidak bisa seperti masa-masa sebelumnya. Namun, perkuliahan di masa begini tetap dapat diatasi dengan cara yang elegan sehingga ia tetap dapat diikuti dengan baik oleh segenap mahasiswa.

Kuliah Online dan Oflfline

Perkuliahan S2 pada saat pandemi ini dapat ditangani secara kombinasi, dengan tehap memperhatikan aspek kesihatan di dalam penanganan berlangsungnya pembelajaran. Setelah memberi pengantar dan menyepakati rencana pembelajaran beserta RPSnya, maka dari awal perkuliahan dapat dilaksanakan sesuai dengan persepakatan. Maka perkuliahan dilangsungkan dengan variasi dua kali tatap muka online dan sekali offline dengan selalu memperhatian protokol kesihatan

Kuliah saya Online

Perkuliahan yang saya tangani, terutama di tahap kedua ini, saya sampaikan kuliah ke-2. Kuliah Studi Hadis Integratif ini dapat saya mulai sejak pk 09.20 dan berlangsung hingga pk 11.28, dengan menyampaikan:
– Rekaman perkuliahan sebelumnya baik online maupun offline dari mahasiswa
– Menyarikan hal2 pokok dari kuliah2 sebelumnya
– Menambahkan bagian materi ilmu matan hadis dan ilmu hadis riwayah dan dirayah
– Memberi kesempatan berdialog dengan mahasiswa: utk menanyakan, mempersoalkan, membandingan ilmu yang dibahas dalam konteks luas.
– Menyampaikan saran dan harapan kepada mahasiwa terkait perkuliahan ini.
– Menyerahkan kembali penanganan mahasiswa S2 kepada Dr Arif sebagai dosen yang bertugas bersama saya di dalam Kuliah Hadis Integratif ini.

Demikian, semoga sampai akhir semester, perkulaiahan ini dapat lancar, sukses, dan selamat mencapai tujuan yang digariskan (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: