Mewujudkan Kesyukuran Lebih “Konkret” Dalam Simbol Pengabdian (2)
Simbol-Simbol Aplikasi Tugas Tenaga Edukatif
Banyak simbol yang merupakan kristalisasi dari tugas-tugas yang dilaksanakan oleh para tenaga edukatif, yang dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pegawai negara sipil melakukan fungsi-fungsinya dijelmakan secara garis besar sering diklasisifikasi kepada empat tugas, yaitu:
1. Melaksanakan Dikjar
2. Melakukan Penelitian
3. Melakukan Pengabdian
4. Melakukan tugas Penunjang
Masing-masing dari keempat klasifikasi itu dapat dirinci lagi dalam realisasi detail tugas-tugas, sebagai rincian riil dari klassifikasi tugas di atas yang dalam realisasinya setiap tenaga edukatif memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas dimaksud dalam beberapa sosok tugas.
Empat klasifikasi tugas-tugas di atas sebenarnya tidak lain dari kristalisasi atau simbol-simbol banyak lagi dari simbol-simbol detail yang secara garis besar dapat dbuat tabelnya dalam rincian detail tugas-tugas yang pada dasarnya secara sederhana mencakup detail sebagaimana tertuang di bawah ini.
Rincian Simbol Detail Tugas
Pertama, Tugas Dikjar. Tugas dikjar ini adalah tugas yang berisi aktivitas melaksanakan tugas pendidikan dan pembelajaran, yang di antaranya meliputi tuas-tugas:
1-Melaksanakan perkuliahan dan tutorial ~1
2-Membimbing seminar mahasiswa (per-semester ~1)
3-Membimbing KKN, PKN, PKL (per-semester ~1)
4-Membimbing (hasilkan) KTI (dis 8, tesis 3, skr/TA 1) (per-bidang tugas)
5-Menguji di ujian akhir (per-setiap mahasiswa 1; 0,5)
6-Membina kegiatan mahasiswa: akd dan kmh (per-semester 2)
7-Mengembangkan program kuliah (per-produk 2)
8-Mengembangkan bahan pengajaran; bernilai baru (buku ajar ~20)
diktat-modul, model, alat bantu, dll, (per-produk ~5)
9-Menyampaikan orasi ilmiah di PT ( 5)
10-Menduduki Jabatan Pimpinan PT (per-semester 5)
11-Membimbing dosen yg lebih rendah, cangkok/reguler (2; 1)
12-Melaksanakan kegiatan datasering dan pencangkokan (5; 4)
13-Melaksanakan pengembagan diri. 30-960 (0,5; 15)
Kedua, Tugas Penelitian. Tugas ini dapat dirinci sebagai berikut ini:
1-Menghasilkan KI sesuai bidang ilmu, yaitu:
a) Hasil penelitian/hasil pemikiran yang dipublikasi dalam bentuk buku
-Buku referensi ( 40)
-Monograf ( 20)
b) Hasil penelitian/hasil pemikiran dlm buku yg dipublikasikan dan berisi
berbagai berbagai tulisan dari berbagai penulis (book chapter)
-Internasional ( 15)
-Nasional ( 10)
c) Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan
1) Jurnal internasional brptasi (terindeks pd database internasional: brptasi & brfaktor dampak (40)
2) Jurnal internasional terindeks pd basis data internasional bereputasi ( 30)
3) Jurnal internasional terindeks pada basis data internasional di luar kategori 2 ( 20)
4)a-Jurnal nasional terakreditasi Dikti ( 25)
b-Jurnal nasional terakreditasi Kemenristek Dikti peringkat 1 dan 2 ( 25)
5)a-Jurnal Nasional berbahasa Inggris/bahasa rersmi PBB terindeks pd basis data
yang diakui Kemenresdikti ( 20)
b-Jurnal nasional terakreditasi peringkat 3 dan 4
6)-Jurnal Nasional (di luar poin 5) ( 10)
7)-Jurnal Ilmiah yg ditulis bhs PBB, namun tdk mmnuhi syarat2 jurnal internas ( 10)
2-Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang didesiminasikan
a) Didepresentasikan secara oral dan dimuat dalam proseding yang dipublikasikan (ber ISSN/ISBN)
1) Internasional terindeks pd Scimagojr dan Scopus ( 30)
2) Internasional terindeks pd Scopus, IEEE Explore, SPIE ( 25)
3) Internasional ( 15)
4) Nasional ( 10)
b) Disajikan dalam bentuk poster dan dimuat dalam prosiding yang dipublikasikan:
1) Internasional ( 10)
2) Nasional ( 5)
c) Disajikan dalam seminar/simposium/lokakarya, tp tdk dimulai dlm prosiding yg dipublikasikan
1) Internasional ( 5)
2) Nasional ( 3)
d) Hasil penelitian/pemikiran yg tdk disajikan dlm seminar/simposium/lokakarya,
ttp dimuat dlm prosiding
1) Internasional ( 10)
2) Nasional (5)
e) Hasil penelitian/pemikiran yg disajikan dalam koran/majalah populer/umum (1)
3-Hasil penelitian/pemikiran/kerjasama industri yg tdk dipublikasikan (tersimpan
dalam perpustakaan) yang dilakukan secara melembaga (2)
4-Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah yang diterbitkan (ber-ISBN) (15)
6-…………………..
7-………………….
8-Membuat rancangan karya seni yg tdk terdaftar HKI
Ketiga, Pengabdian. Tugas ini dapat dirinci
1-Menduduki jabatan pimpinan lembaga pemerintah/pejabat bebas dr jabatan organiknya 5,5
2-Melaksanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian bagi masyarakat/program 3
3-Memberi latihan/penyuluhan/penataran/ceramah …. pada masyarakat, per smt 3
4-Memberi pelayanan masyarakat/kegiatan … tugas umum pemerintahan/pembangunan 1
Keempat, Penunjang.
1-Menjadi anggota panitia/badan pada PT (per-tahun 3; 2)
2-Menjadi anggota panitia/badan pd lembaga pemerintah (3; 2)
3-Menjadi anggota organisasi profesi (2; 1)
4-Mewakili PT duduk dlm panitia antar lembaga, (tiap panitia 1)
5-Menjadi anggota delegasi nasional ke pertemuan internasional (3; 2)
6-Berperanserta aktif dalam pertemuan ilmiah (3; 2)
7-Mendapat tanda jasa/penghargaan (20 th) ( 2)
8-Menulis buku pelajaran SLTA ke bawah … terbit, diedar secara nasional ( 5)
9-Keangotaan dlm tim baperjakat, per-semester (0,5)