Penerimaan Tunjangan Guru Besar

Penerimaan tunjangan guru besar setiap tahun sejauh ini terbagi dua pola waktu. Penerimaan pada awal tahun dan penerimaan pada akhir tahun, baik itu berupa tunjangan profesional maupun tunjangan kehormatan. Keduanya berjalan lancar sesuai dengan informasi bulanan yang kita terima.

Pada kedua jenis tunjangan, sistem penerimanya tidak sama. Untuk tunjangan di awal tahun biasanya diterimakan pada bulan Maret. Gaji pokok diterimakan biasa sejak bulan Januari hingga Desember, sementara tunjangan profesional dan kehormatannya diterimakan pada bulan Maret. Tepatnya, 20 Maret langsung dirapel dengan Januari dan Pebruari. Lalu untuk akhir tahun, biasanya diterimakan pada bulan akhir November atau awal Desember langsung dua bulan.

Untuk tunjangan awal tahun di tahun 2014 ini, penerimaannya meleset. Hingga ditulisnya baris-baris khazanah ini tunjangan dimaksud belum juga diterimakan. Padahal laporan BKD dan aturan disiplin baru, sudah begitu rupa disiagakan ketaatannya, tapi disiplin penerimaaan tunjangan belum juga menampakkan sisik meliknya. Makanya tidak keliru jika kepada penulis khazanah ini –karena dulu pernah menduduki WR III IAIN Walisongo yang dikiranya banyak tahu tentang disiplin dulu– dihujani banyak pertanyaan tentang keterlambatan ini. Saya pun menjawab, “lho saya kurang tahu info yang terakhir mengenai penerimaan tunjangan di tahun 2014 ini, begitu pula kapan akan diterimakan. Saya dan Anda juga sama menunggu, siapa tahun akan keluar di akhir Maret tahun 2014 ini sambil kita siap-siap diri untuk nyoblos Pemilu April 2014 ini.”

Dapat disusulkan di bagian ini pada 4 April 2014, bahwa tunjangan baru keluar Rabu April 2014 yang lalu, untuk selama 2 bulan. Ini berarti untuk tunjangan profesi dan kehormatan bulan Januari dan Pebruari. Sedang bulan Maretnya belum diterimakan di tangan kita. (Kabarnya nanti disusulkan di bagian ini insya Allah).

Itu dulu. Semoga ditengah-tengah kesibukan Pemilu, tunjangan tetap bisa diterimakan pada yang berhak pada waktunya; boleh meleset beberapa hari, sehingga disiplin yang sudah baik tetap dapat berjalan mantap pada akhir Maret 2014 ini (Erf.)

932 thoughts on “Penerimaan Tunjangan Guru Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *