Teknik Praktis Menulis Daftar Pustaka Sebuah Jurnal

Menulis karya ilmiah pada suatu jurnal adalah sebuah pilihan. Maka ketika sebuah artikel sudah resmi kita tulis, itu berarti bahwa kita sudah siap mematuhi patokan jurnal yang ditulis untuk panduan bagi kita ketika mengirimkan tulisan. Jika pada tulisan sebelumnya kita sudah disuguhi aturan atau panduan umum berkaitan dengan penulisan artikel jurnal, maka di bawah ini akan dicoba mencantumkan aturan praktis menulis daftar pustaka yang diadabtasi dari beberapa jurnal ilmiah berupa: buku, jurnal, abstrak, skripsi tesis disertasi, paten, surat kabar, dokumen resmi, dan internet. Masih-masing akan dijelaskan secara ringkas sbb:

 

Buku

Aturan umum: nama pengarang (atau editor). Tahun terbit. Judul buku. Tempat terbit: Nama Penerbit.

Aturan detail, dapat dilihat di bawah ini

1. Buku dengan penulisnya: Soebahar, M. Erfan. 2003. Menguak Fakta Keabsahan al-Sunnah. Jakarta: Prenada Media

2. Buku dengan Lembaga atau Organisasi sebagai pengarang: [……]

3. Buku terjemahan: Azami, M.M. 1977. Memahami Ilmu Hadis: Telaah Metodologi dan Literatur Hadis. Terjemahan Meth Kieraha. 2003. Jakarta: Penerbit Lentera.

4. Buku kumpulan artikel: Yaqub, Ali Mustafa. 1996. Kritik Hadis (Cetakan Kedua).  Jakarta: Pustaka Firdaus.

5. Artikel dalam kumpulan artikel: Geetz, Clifford. 1999. Religion as a Cultural System. Dalam Garry E. Kessler, Philoshopy of Religion: Towards A Global Perspektif [hlm 11-12]. Belmont: Wodsworth Publishing Company.

 

Jurnal

Aturan umum: Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Nama Jurnal. Nomor volume: Halaman.

Pegangan detail:

1. Pengarang satu orang: Soebahar, M. Erfan, …..

2. Pengarang 2-5 Orang: ……; ….., ….., ….. dan ….., 2015. Mengungkap Rahasia Buah Kurma dan Zaitun dari Petunjuk Hadis dan Penjelasan Sains. Jurnal ….., Vol,.. No… Halaman 45-47. UIN…….

3. Lebih dari lima orang: …. dan …. 2015. Nama jurnal. Vol.. No…. UIN …..

4. Pengarang merupakan organisasi: [……]…… 2014. Recomended….

5. Artikel tanpa Pengarang: [Anonim]. 2013. Islamic Legal Interpretation: Mufits and Their Fatwas. Int J Epidemiol. Volume 5: 224-225.

6. Artikel dalam Prosiding: Nama pengarang. Tahun terbit. Judul Artikel. Di dalam: Nama editor, editor. Judul Publikasi/nama pertemuan ilmiah atau keduanya; tempat pertemuan, tanggal pertemuan. Tempat terbit: Nama penerbit. Halaman.

 

Abstrak

Nama pengarang. Tahun terbit. Judul abstrak [abstrak]. Judul publikasi atau nama…..

 

Skripsi Tesis Disertasi

Nama pengarang. Tahun terbit. Judul [jenis publikasi]. Tempat institusi: Nama institusi tempat menerbitkan KI tersebut.

 

 

Kamaliah, Naily. 2008. Peramalan Volume Penjualan Konveksi dan Non Konveksi dengan Pendekatan Model Kombinasi Tren Deterministik dan Stokastik (Studi Kasus di Amigo Pedan dan Amigo Sukoharjo) [Tesis]. Surabaya: Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITS Surabaya.

Soebahar, Moh Erfan. 2001. Kritik Mushthafa al-Siba’i Terhadap Pemikiran Ahmad Amin Mengenai Hadis Dalam Fajr al-Islam [Disertasi]. Jakarta: Program Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah.

 

Paten

Nama penemu paten, kata “penemu”; lembaga pemegang pasen. Nama barang atau… yang dipatenkan. Nomor paten. Tanggal publikasi paten.

 

 

Surat kabar

Nama pengarang. Tanggal bulan tahun terbit. Judul. Nama surat kabar. Nomor halaman…..

 

 

Dokumen resmi

 

Makalah: seminar, lokakarya, penataran, pelatihan, workshop:

Soebahar, M. Erfan. 2013. …….. ┬áMakalah disajikan dalam Workshop….. Semarang: …… Tanggal … Desember

 

Acuan Melalui Internet

1. Artikel dari Publikasi Elektronik: Nama pengarang. Tahun terbit. Judul Artikel. Nama jurnal. Volume (nomor) halaman. [tipe media]. Ketersediaan. [Tanggal, bulan, dan tahun akses].

2. Abstrak dalam Jurnal Ilmiah: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul artikel. Nama jurnal. Volume (nomor): abstrak [tipe media]. Ketersediaan. [Tanggal, bulan, dan tahun akses].

3. Bahan diskusi: Nama pengarang. Tahun terbit. Judul artikel. Nama forum diskusi. Ketersediaan. [Tanggal, bulan, tahun akses].

4. Pengiriman Email Pribadi: Soebahar, Moh Erfan [erfansmg@yahoo.com] 14 November 2015. Artikel untuk Jurnal Ulul Albab. E-mail kepada Jurnal Ulul Albab [jurnalululalbab@gmail.com]

 

Sesuai Pedoman

Akhirnya, kesesuaian dengan pedoman adalah pegangan etik yang mesti dipegangi oleh seorang penulis dari suatu jurnal. Kesesuaian dari tulisan yang dibuat dengan aturan dapat diperoleh dengan lebih akurat, jika suatu tulisan apapun yang dibuat selalu diadakan check dan ri-check berkenaan dengan data yang kita tulis, baik ketika memperoleh atau menyalin data pertama kali, ketika mengetiknya dalam penulisan tetap dipelihara kecermatan kutipan, dan tentu juga ketika mengedit tulisan yang sudah dibuat menjadi tulisan yang selesai (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *