Bacaan Dzikir Keselamatan di Waktu Pagi dan Sore (2)

Sebagai kelanjutan uraian pertama, berikut ini Prof Erfan menyampaikan lanjutan ceramahnya. Konsep ini dipersiapkan menjelang perjelanan libur hari Waisak.

Bacaan Dzikir Ke-7: Rasulullah saw membimbing kita; membaca dzikir ini:

                                              اصبحنا واصبح الملك لله، والحمد لله لاشريك له لااله الا هو، واليه النشور

Ashbahna wa Ashbahal Mulku Lillaah, walhamdu Lillaah laa Syariika lah, Laa Ilaaha Illaa Huwa, wa Ilaihin Nusyuur (Kami memulai pagi dan semua kerajaan milik Allah, segala puji bagi Allah, tiada Ilah yang patut disembah kecuali Allah yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada Ilah yang patut disembah kecuali Dia, kepada-Nya manusia dibangkitkan).

Dzikir ini dibaca pada waktu pagi hari 3 kali. Adapun di waktu sorenya, kita membaca dzikir berikut, yang perbedaannya hanya di ungkapan awal katanya: pagi, diubah sore. Lafal bacaan dzikirnya adalah sbb:

Amsayna wa Amsal Mulku Lillaah, walhamdu Lillaah laa Syariika lah, Laa Ilaaha Illaa Huwa, wa Ilaihin Nusyuur (Kami memulai sore hari, dan semua kerajaan milik Allah. Segala puji bagi Allah dan tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Dia, dan kepadanyalah tempat kita kembali).

Bacaan Dzikir ke-8: mohon dianugerahi nikmat yang sempurna, sejak pagi atau sejak waktu sore kita. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas, Rasulullah saw membacakan dzikir dimaksud sebagai berikut:

Allahumma Innii Ashbahtu [kalau pagi] /Amsaytu [kalau sore) minka fii Ni’matin, wa ‘Aafiyatin, wa Sitrin, Fa Atimma ‘Alaa Ni’matika wa ‘Aafiyatika wa Sitrika Fid-Dun-yaa wal Aakhirah (Wahai Allah, sesungguhnya aku berada di waktu subuh/pagi; atau berada di waktu sore dari-Mu dalam keadaan nikmat, sehat, dalam per lindungan. Maka mohon disempurnakan nikmat-Mu, dari kesehatan dari-Mu, dan perlindunganmu di dunia sekarang dan di akhirat nanti).

Akan disusulkan setelah ini………….. (Erf)

1288

1,288 thoughts on “Bacaan Dzikir Keselamatan di Waktu Pagi dan Sore (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *