Khataman Al-Qur’an SMA Nasima Semarang

Pelaksanaan Khataman Al-Qur’an di SMA Nasima Semarang bersamaan dengan Hari Liburan Waisak. Yaitu hari Sabtu, 25 Mei 2013, sehari sebelum pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah. Acara Khatamannya unik. Substandinya tidak sekadar menghafalkan Al-Qur’an 30 Juz, namun dilaksanakan dalam rangkaian proses pembiasaan yang panjang yang diakhiri dengan Khatamal Al-Qur’an Bil-Ghaib secara bersama-sama.

Selain menyelesaikan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, ada dua kebiasaan ditanamkan di Yayasan Pendidikan Nasima. Setiap memulai pelajaran, di Yayasan ini para siswa biasa membaca Asmaul Husna, yaitu nama-nama Tuhan yang baik yang 99 nama. Asmaul Husna, adalah nama-nama Allah yang pada masing-masing dari nama itu memiliki fungsi-fungsi yang dapat menguatkan sifat- sifat ketuhanan pada umat yang membacanya. Jadi, tanpa membaca doanyapun, sebenarnya sudah ada kekuatan atau fungsi-fungsi dari apa yang asma-asama Allah yang kita baca itu. Di samping membaca Asmaul Husna, di Nasima juga membaca surat-surat pendek, yang di waktu-waktu yang ditentukan juga diharapkan siswa membaca Al-Qur’an dengan kelengkapannya sampai semua siswa pernah mengkhatamkan Al-Qur’an dengan berguru kepada para ustadz yang sangat baik dalam membaca Al-Qur’an. Yang khas Nasima, para istadznya dipilih dari pendidik yang sudah hafizh, hafal Al-Qur’an 30 juz.

Dari pembiasaan membaca Asmaul Husna dan membaca Al-Qur’an, maka semua siswa hafal Asmaul Husana dan khatam Al-Qur’an yang 30 juz. Untuk tahun 2013 ini, acara Khataman Al-Qur’an diadakan pada malam hari Sabtu malam Ahad. Prakteknya, sebelum ke acara inti; sebanyak 77 siswa mengkhatamkan Al-Qur’an di depan para orang tua siswa dan undangan. Lalu dilanjutkan dengan acara formal. Yaitu berupa Pembukaan; Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an; Laporan Panitia; Sambutan Ketua Yayasan; Acara Salingan dengan Penyajian Musik oleh Tim Banteng Reders, dilanjutkan dengan acara inti. Untuk Tahun 2013 ini, acara inti berupa al-Mauizhah  al-Hasanah diisi oleh Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M.Ag. dari IAIN Walisongo Semarang. Lalu diakhiri dengan Musafahah dan Ramah Tamah.

Tema acara Khataman Al-Qur’an Nasiman untuk tahun ini adalah “Merintis Terbinanya Generasi Al-Qur’an.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.