Mengelola Sumber Daya: Bagi Kemanfaatan Kehidupan

Di dalam studi managemen, kita mengenal ada empat atau lima sumber daya. Sumber daya dimaksud adalah sumberdaya manusia, sumberdaya alam, sumberdaya finansial, sumberdaya informasi, dan sumberdaya semangat. Tiap-tiap sumber daya ini yang terbaik adalah dikelola agar memilili manfaat, dan bisa habis apabila keberadaannya tidak dikelola dengan baik.

 

Agar Manfaat

  1. Sumberdaya Manusia; agar bermanfaat mestilah dikelola. Misalnya, keberadaan manusia untuk menunaikan studi dan beraktivitas. Studi bisa dari peringkat terbawah hingga yang tertinggi seperti menyelesaikan studi peringkat S3. Tanpa digunakan, maka bisa habis misalnya, karena sudah dipanggil ke hadirat Allah dalam bagian dari usia kita.  
  2. Sumberdaya Alam; agar bermanfaat mestilah dikelola secara hemat. Baik yang berupa sumerdaya padat, cair, maupun gas, perlu dikelola dengan baik, agar tidak cepat habis, banyak memiliki manfaat dan membawa kesejahteraan bagi manusia yang ada di dalam kehidupan ini.
  3. Sumberdaya Finansial; agar memiliki manfaat, maka uang pun mestilah dikelola dengan baik supaya membantu kita untuk hidup yang memadahu, jauh dari kekurangan. Menghindari keborosan adalah suatu keharusan. Jelasnya, hidup secara sederhana dan berangka panjang adalah pola yang perlu digunakan bagi mengelola sumberdaya finansial ini.
  4. Sumberdaya Informasi; pada era sekarang ini informasi ada sumberdaya yang sangat penting bagi kehidupan. Sumberdaya ini sangat banyak, yang perlu dikelola dengan baik agar memilikli manfaat yang optimal.
  5. Sumberdaya Semangat; sumberdaya yang terakhir ini sangat penting bagi kehidupan asal dikelola dengan baik. Melalui pengelolaan yang baik, maka tenaga manusia akan dapat dimanfaatkan secara optimal, sempai akhir hayat tiba. Setiap harinya, tenaga yang dimiliki akan dapat digunakan secara baik dalam jangka panjang dan energik jika yang namanya semangat dikelola secara optimal. (Erfan Subahar)    
1134

1,134 thoughts on “Mengelola Sumber Daya: Bagi Kemanfaatan Kehidupan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *