Sajian Tentang Penulisan Artikel Jurnal oleh Dr. Melanie C. Brooks

Pada hari Kamis, 22 Pebruari 2018, saya berkesempatan hadir di acara Seminar tentang penulisan artikel jurnal internasional di FITK UIN Walisongo Semarang. Narasumbernya adalah Dr. Melanie C. Brooks  dari Monash yang didampingi oleh Mas Agus Muthahar, alumnus Walisongo yang saat ini menempuh studi doktor di Monash Australia.

 

Studi Klompok dan Solusi

Acara berlangsung semarak. Diawali dengan tegur sapa mantap, dilanjutkan peserta diminta berhitung 1-7, 1-7, 1-7, 1-7, kemudian mereka diminta mengelompok diri menjadi tujuh kelompok. Masing-masing dari kelompok itu diberi tugas, memecahkan persoalan yang pertanyaannya sudah diajukan narasumber yang sebelumnya sudah ditulis lembaran kertas, setiap lembarnya diminta menulis jawabnya kepada tiap-tiap peserta berdasarkan apa yang secara sepontan dihasilkan solusi via diskusi ringkas perkelompok yang perkelompoknya terdiri dari tujuh orang peserta.

Dari diskusi kelompok demikian, masing-masing diminta dapat membentangkan jawaban produk wakil kelompoknya, baru dipilih mana yang dipandang tepat oleh narasumber yang paling sesuai dengan kaitan persoalan yang relevan dengan topik ceramah. Jawaban dari semua kelompok yang hadir memberi solusi, dibahas bersama oleh Narasumber: dipimpin langsung oleh Dr. Melanie C. Brooks, yang diiringi menjelaskan maksudnya oleh Mas Agus Muthohar.

 

Proses  Pengiriman Artikel

Di dalam kenyataan sejauh ini sering dipertanyakan: bagaimana cara kita mengirimkan artikel ke jurnal internasional itu. Atas perkiraan pertanyaan banyak kalangan itu, narasumber mencoba menjawab bagaimana proses dari pengiriman naskah artikel itu yaitu:

  1. Idea ‘menyiapkan gagasan’ sesuai dengan bidang keilmuan kita
  2. Read Broadly ‘melakukan pembacaan secara luas’
  3. Read Narrowly ‘melakukan pembacaan secara lebih spesifik’
  4. Identify what is known and not known ‘mengenali mana yang sudah kita ketahui dan juga mana yang memang belum diketahui’. Dilanjutkan dengan
  5. Analyze Specific Journals ‘menganalisis detail pola gaya selingkung dari jurnal’ 
  6. Identify Possible Journals ‘mengenali kemungkinan kebutuhan penerbitan dari jurnal’ 
  7. Identify your constribution ‘mengenali konstribusi kita melalui artikel yang akan dikirim’
  8. Identify big ideas, big names and big debates ‘mengenali gagasan penting, nama sosok pemikir yang diangkat serta diskusi yang ditampilkan’. Selanjutnya
  9. Email Editor (s) ‘dikenali dengan benar ’email dari editor jurnal yang akan dikirimi artikel’. Sebelum menuju ke hal penting selanjutnya. Baru setelah ini, kita melakukan hal-hal berikut:
  10. Write Article ‘menulis artikel sesuai dengan yang diseleksi melalui sejumlah pertanyaan di atas’ 
  11. Submit Atricle ‘mengirimkan artikel yang sudah ditulis ke alamat yang dikehendaki’
  12. Revice/Resubmit ‘melakukan revisi atau pengiriman kembali sesuai dengan kebijakan jurnal’.

Menulis Artikel Jurnal

Selanjutnya,  bagaimana kita melanjutkan untuk menulis artikel di suatu jurnal, maka beberapa langkah prosesnya dapat ditempuh seperti di bawah ini:

  1. Identify One Journal and Exemplar Articles from that Journal ‘kenali Satu Artikel Jurnal dan Contoh kopian dari sosok Jurnal [yang telah dipandang pas untuk dikirimi itu]’  
  2. Write 5 possible titles, research questions and purpose statement ‘di bagian ini ditulis 5 kemungkinan judul artikel yang diajukan, pertanyaan penelitiannya, berikut pernyataan tujuan penulis’
  3. Write An Abstract ‘menulis sebuah abstrak dari artikel yang ditulis’
  4. Get Freedback from Your Support Network ‘dapatkan fidbek dari dukungan’. Dilanjutkan dengan
  5. Methodology should include design, data collection, data analysis, rigor ‘mencantumkan metodologi, yang mencakup desain, pengumpulan data, analisis data, ketelitian’
  6. LR should identify what is known and not known and articulate a coherent perspective
  7. Literature Review Organized by Main Ideas in Researc Questions
  8. Make and Outline. Diteruskan dengan
  9. Findings – Should NOT smply report codes, but show higher level analysis
  10. Discussion – Should connec what your found to what is already known
  11. Conclusions – Do not extend beyond what you have a basis to say
  12. Write/Revisit/Amend/the Introduction

Pemaparan seminar ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan, sehingga mempermudah peserta mengenali secara lebih detail apa-apa yang disampaikan oleh narasumber.

Akhirnya, keseluruhan acara diakhiri dengan mengambil foto bersama dengan narasumber, pertanda kita sama puas dengan seminar yang dibawakan oleh penyaji kelahiran Amerika yang saat ini bertugas di negeri kanguru Australia (Erfan Subahar).

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.