Safari Jum’atan MUI Kota Semarang Perdana 2021: Berawal di Masjid Jabal Rohmah Kecamatan Ngaliyan

Setelah pembacaaan bahwa pandemi Covid 19 berada dalam kondisi yang memungkinkan untuk memulai kegiatan, maka MUI Kota Semarang kembali bergiat terjun ke masyarakat. Terpilihlah untuk giliran yang pertama bagi kegiatan ini, Masjid Jabal Rohmah yang terdapat di Kelurahan Gondoriyo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Tempat ini berada di antara dua tempat pendidiikan YPI Darul Ulum, yang berada di Keluraran Wates dan Gondoriyo, yang sama berada di bawah Kecamatan Ngaliyan.

Undangan
Pemilihan giliran pertama menunjuk Masjid Jabal Rohmah, setidaknya berdasarkan dua pertimbangan. Pertama, masjid itu menurut Prof Erfan Soebahar pada tahun 2020 yang lalu pernah ada tokohnya yang meminta kepada MUI untuk sekali waktu bisa ditempati acara yang selama ini digelar oleh MUI bersama Pemkot dan Baznas. Namun, ketika permintaan itu dilayangkan ke MUI yang sudah mempertimangkan bagi menerima Masjid Baitul Makmur yang dari sudut jamaahnya lebih siap ketempatan. Yaitu pembangunan masjid itu sudah hampir selesai, sedang Masjid Jabal Rohmah ketika itu baru memulai renovasi besar pembangunan atau belum selesai dibangun, karena baru saja dimulai pembangunannya dalam beberapa bulan ketika itu. Kedua, ruang parkir ketika itu belum memungkinkan untuk menerima tamu banyak, mengingat di sana-sini masih dalam kondisi baru dibangun sehingga yang juga masih dalam kondisi Covid 19 tahap awal dan kesiapan untuk menerima tamu belum begitu siap dibanding masjid yang sudah dipilih, maka pemilihan belum disiapkan bagi Masjid Jabal Rohmah.
Banyak pihak yang diundang dalam acara yang dilaksanakan di Masjid Jabal Rohman pada bulan Oktober 2021 ini, yaitu segenap pengurus MUI Kota dan MUI Kecamatan se Kota Semarang, sejumlah¬† pimpinan di Pemkot dan Ferkopimda, Tokoh-tokoh Masyarakat Tingkat Kecamatan dan Kelurahan, dan para warga masyarakat dari jamaah Masjid Jabal Rohmat yang ketempatan acara Safari Jum’atan.

Persiapan dan Pelaksanaan 
Persiapan formal dari acara di atas disetujui untuk mengadakan rapat yang berlangsung di Masjid Jabal Rohmah. Acaranya dilangsungkan pada hari Ahad malam, tanggal 3 Oktober 2021. Pada pertemuan itu, acara yang diselenggarakan pertama kali oleh panitian itu mengundang peserta rapat dari pengurus harian MUI Kota Kora Semarang dan pengurus Harian MUI Kecamatan Ngaliyan, pengurus Takmir Masjid setempat, Pengurus RT dan RW seputar masjid, dan beberapa tokoh masyarakat diundang untuk hadir dalam acara. Acara yang diadakan pada pukul 20.00-22.00 itu, berlangsung secara sederhana penuh kekeluargaan; dari MUI dapat hadir Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, dan beberapa orang dari Tim IT, juga Ketua dan Sekretaris MUI Kecamatan Ngaliyan. Lalu Takmir Masjid dan semua tim yang ditunjuk. Setelah dibuka dengan al-Fatihah oleh MC, acara diawali dengan pengarahan oleh Ketua Umum yang dilanjutkan dengan penjabaran acara oleh Sekretaris Umum MUI Kota Semarang. Lalu memasuki pembahasan detail acara sejak pengenalan lokasi, peta tempat acara, pengadaan umbul-umbul, tenda penyambutan tamu, meja, kursi, dan lain-lain.

Alhamdulillah, acara berlangsung seperti yang diharapkan, sejak pra acara, acara inti, dan pasca acara. Menjelang pra acara, tamu yakni Pak Walikota dengan rombongan sudah ditunggu di tempat nanda Nora Fachri yang ada di sebelah selatan masjid. Pak Wali sempat minum dan ambil wudhu sebelum memasuki masjid. Acara Safari Jum’atan ini, diisi dengan:
1. Penyambutan Kehadiran Tamu (Pak Wali, Asistan II, Sekda, Camat, Lurah, dll) di arahkan ke rumah nanda Nora Fachri di Selatan Masjid.
2. Siap Wudhu dan memasuki ruang Utama Masjid Jabal Nur.
3. Khotbah Jumlah oleh Prof Dr Mansyur, MAg, Imam Masjid Prof Dr Moh Erfan Soebahar, M.Ag.
4. Acara Inti: Prakata Panitia oleh Prof Mansyur, M.Ag, Sambutan MUI oleh Prof Erfan Soebahar, dan Pengarahan Walikota oleh Dr H. Hendrar Prihadi, SE, MM.
5. Penutup: Doa, oleh Dr H Amin Farikh, M.Ag.
Setelah berlangsungnya acara di atas, karena banyaknya acara di luar acara Safari Jum’atan yang menunggunya, maka Pak Walikota tidak sempat menyantap daharan yang disiapkan panitia; beliau langsung pamit. Sementara bagian Ketua Baznas dan Plt Kesra dan lainnya masih menyempatkan untuk mendampingi kepanitiaan sampai acara ini berakhir.

Demikian acara Safari Jum’atan pertama yang sempat direkam dua jam setelah berlangsungnya acara. Para pengurus MUI Kota Semarang dan yang terkait berharap semoga acara ini dapat berlangsung lebih lanjut sesuai dengan harapan kita semua hingga bulan Desember 2021 yang akan datang insya Allah (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: