Ungkapan Hikmiyah Ke-14
131. Sahabat baik dikala suka dan duka adalah membaca buku pilihan. Bila kita sudah punya niat kuat untuk membuat buku maka lakukanlah, sampai wujud buku karya kita yang layak dipilih bagi bacaan di dalam peradaban (Erfan S,26-1-2014).
132. Saat yang logis dan tepat mengurutkan penulisan kalender dalam sepekan adalah Ahad ‘hari pertama’, Senin ‘hari kedua’, Selasa ‘hari ketiga’, Rabu ‘hari keempat’, Kamis ‘hari kelima’, Jum’at ‘hari bertemu’, dan Sabtu ‘hari ketujuh’ (Erfan S, 27-1-2014).
133. Akikah adalah penyembelihan kambing sebagai pengakuan hak penuh orang tua atas anaknya, yang tergadai di hadapan sang Pencipta. Dilihat dari sudut syafaat, Imam at-Turmudzi memandang akikah tidak layak dilewatkan oleh orang tua yang mengharap doa-doa baik dari anak-anaknya (Erfan S, 28-1-2014).
134. Hadis bahwa Nabi saw mengakikahi cucunya Hasan dan Husain dengan dua kambing bisa dimaknai untuk anak laki-laki diakikahi masing-masing satu kambing atau dua kambing, keduanya benar, hanya yang dua kambing tentu lebih banyak pahala sedekahnya dibanding satu kambing (Erfan S, 29-1-2014).
135. Atas dasar amal jariah doa anak kita kepada kedua orang tuanya, maka apalah artinya harga akikah kambing dibanding doa anak-anak yang dibaca terus untuk kedua orang tuanya sampaipun sudah meninggal dunia. Pendapat at-Turmudzi itu terus terang saya dukung penuh (Erfan S, 30-1-2014).
136. Mudah patah tulang dan kesihatan anak yang labil, dilihat dari sudut fungsi akikah, bisa karena anak tidak diakikahi dari kelahirannya. Jika sang anak dimaksud kelak dewasa, tetapi kedua-orang-tuanya tidak mampu, dia boleh berikhtiar mengakihahi dirinya atas izin kedua orang tuanya (Erfan S, 31-1-2014).
137. Rasul saw menunjukkan pada kita bahwa Allah mewajibkan kepada kita berbuat ihsan ‘terbaik’ dalam segala sesuatu. Contohnya, ketika menyembelih hewan yang terbaik adalah tajamkanlah pisaunya dan sembelihlah hewan tanpa disiksa (Erfan S, 1-2-2014).
138. Di antara etika yang terlarang bagi hewan sebelum disembelih, adalah mengikat kaki ayam lalu direnteng bersama beberapa ekor ayam lain lalu digantung bersama di boncengan sepeda motor dan perlakuan keji lain, baru disembelih (Erfan S, 2-2-2014).
139. Pendidikan anak marhamah adalah istilah yang digunakan untuk mewadahi hak anak yang berbekal fisik, psikhis maupun mental yang dimiliki, yang memiliki energi damai dan layak memperoleh kasih sayang melalui upaya pengajaran dan pelatihan untuk pemberdayaan hidup kehidupan ke depan (Erfan S, 3-2-2014).
140. Pendidikan anak yang marhaman dimulai dari masa prenatal, diusia nol sampai empat tahun, dilanjutkan hingga usia 10 tahun, diintensipkan ketika usia 12 tahun, terpantau mantap di usia remajanya, dan terus berdaya pada usia dewasa dan sepanjang kehidupan (Erfan S, 4-2-2014)