Menangani Studi Al-Qura’n di Samping Studi al-Hadits

Sedianya pada semester ini saya menangani Studi al-Hadits bersama Dr Hamdani Muin yang menangani Studi al-Qur’an. Masing-masing berjalan sesuai dengan rencana perkuliahan (RPS) yang sudah dibuat. Namun, hingga saya selesai menangani studi hadis, kondisi saudara Hamdani masih tetap dalam sakit dan masih harus sering cuci darah. Maka tidak boleh tidak, akhirnya studi al-Quran lalu saya rangkap seperti diharapkan oleh Ketua Jurusan PAI S2 FITK UIN Walisongo Semarang.

Mengatasi kuliah yang ditangani secada tiba-tiba ini, saya berembug dengan para mahasiswa untuk mempermudah menyelesaian tugas ini dengan dua cara yakni pemadatan: pertama ketika Ramadhan, dan kedua dilakulan setelah hari raya. Pada saat puasa Ramadhan, kuliah diadakan dalam tiga kali tatap muka. Pada tatap muka; Pertama, dilakukan pada hari Libur waisak, yang kuliahnya diadakan di rumah sambil berbuka puasa.  Kedua, diadakan kuliah pada Jam kedua pada hari Rabu sebelum libur Ramadhan, dan dilanjutka dengen ketiga, diakan lagi kuliah pada jam ketiga sehingga mahasiswa sudah lebih ringan. 

Realisasinya diharapkan berjalan seperti yang dikehendaki, tanpa mengalami kesulitan yang tidak kita harapkan (Erfan S).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *