Mengikuti Rakerda MUI Jateng 2013

Rapat Kerja Daerah MUI Jateng dilaksanakan pada akhir Juni ini. Tepatnya dilaksanakan pada hari Jum’at malam hingga Sabtu siang, 28-29 Juni 2013/bersamaan dengan    Sya’ban 1434 H. bertempat di Hotel Siliwangi Semarang.

Seperti biasa acara diikuti oleh para utusan MUI dari Wilayah Jateng dan utusan MUI Kota/Kabupaten Se Jawa Tengah. Tiap Kota/kabupaten diberi kesempatan  mengikutsertakan 2 orang, yang diutamakan dari unsur ketua umum/ketua dan seorang sekretaris atau yang mewakilinya.

Dari Semarang, berangkat sebagai peserta adalah Prof H.M. Erfan Soebahar dan Drs H. Nurbini, M.Si. Acara yang diagendakan dalam Rakerda MUI kali ini adalah: Pembukaan, dilanjutkan dengan Pengarahan Ketua Umum, Sidang Komisi, Sidang Pleno, dan diakhiri dengan Acara Penutup.

Dalam acara tersebut, utusan MUI Kota Semarang menyampaikan laporan antara lain sebagai berikut. Bahwa selama dua tahun ini, telah di-SK-kan dan dilantik 16 MUi Tingkat Kecamatan, yang berikutnya dilanlanjutkan dengan sosialisasi penguatan organisasi dengan sejumlah materi melalui pelantikan dan penyampaikan tupoksi Majelis Ulama Indonesia.

IMG-20130629-00387

Foto bersama Ka Komisi Fatwa Drs H. Muhyiddin M.Ag.

Selain itu, dilaporkan juga sejumlah aktivitas yang dilaksanakan oleh MUI Kota Semarang meliputi (1) Workshop Rumah Tangga Sakinah; (2) Workshop Resolusi Konflik; (3) Peta Dakwah Se Kota Semarang, (4) Workshop Sertifikasi Halal, yang di dadalamnya sempat dipertanyakan Hukum Darah Ular untuk Obat, Hukum Daging Tiren, Hukum Mengkonsumsi Obat dari Air Kecil setelah bangun tidur.

Juga disampaikan sejumlah aktivitas yang secara reguler telah berjalan yaitu: (1) Dialog Ulama Umara dan Masyarakat, yang diadakan 3 kali selama bulan Ramadan; (2) Dialog Petamas (Pertemuan Tokoh Agama dan Masyarakat) yang membicarakan topik-topik yang diagendakan bagi kepentingan Pembangunan di Semarang yang disampaikan oleh perutusan dari masing-masing agama, Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan Kong Hu Chu. Juga (3) FKUB, yaitu forum rekomendari Kerukunan Antar Umat Beragama, serta Ukhuwan antar Umat Beragama, serta (4) Mengisi Acara Ceramah Agama dalam Cahaya Iman di RRI Programa 4 Semarang Jawa Tengah, yang sejauh ini ditugaskan kepada Prof. H.M. Erfan Soebahar.

Sejumlah program kerja dan rekomendasi berhasil dirumuskan dalam sidang komisi yang terdiri dari: Komisi Fatwa, Komisi Hukum dan Perundang-undangan, Komisi Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat, Komisi Sejarah dan Peradaban Islam, Komisi Pendidikan dan Pengkajian Islam, Komisi Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, dan Komisi Ukhuwah.

Rakerda tahun 2013 dihadiri oleh segenap peserta yang menurut penilaian Ketua Umum telah berlangsung dengan khidmah dan penuh keakraban; semangatnya lebih dari Rakernas di Jakarta. Rakerda tersebut, diakhiri pada Hari Sabtu, 29 Juni 2013, yang ditutup langsung oleh Ketua Umum MUI Dr. K.H. Ahmad Darodji, M.Si. (Erf)

11860

11,860 thoughts on “Mengikuti Rakerda MUI Jateng 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *