Mengikuti Semwork Internasional di TEDI

Pada hari ke-21, Senin 28 Oktober 2013, peserta selain melakukan penelitian individual, juga berkesempatan mengikuti Seminar dan Workshop internasional di TEDI. Seperti dijelaskan sebelumnya, keunggulan Universitas Queensland dibanding yang lain adalah, keunggulan di bidang teknologi pendidikan dan pengajaran. Salah satu forum tempat memasarkan temuan-temuan tenaga pengajar dari Queensland disampaikan melalui TEDI ini, tiap tahun dua tahap, melalui paparan hasil-hasil karya-karya dosen yang dikomunikasikan dan diedarkan ke publik.

Pada forum seminar dan workshop yang diadakan pada hari Senin ini, di antaranya adalah temuan mengenai alat pemindah batu kricak dari satu tempat ke tempat lain secara praktis dan model ujian tertulis online yang “tidak bisa ngerpek”.

Setelah dipaparkan hasil temuan oleh tim pengulas, maka para peserta seminar dan workshop diberi kesempatan mendiskusikan temuan tenaga pengajar UQ yang ada di depan para peserta diskusi pada kesempatan itu.

Mengenai alat pemindah kricak, alatnya menyerupai pemindah barang-barang berat yang biasa digunakan pada proyek-proyek bangunan. Alat ini bisa diputar ke kanan dan kekiri sekaligus dapat dijalankan dari satu tempat ke tempat lain walaupun bendanya sangat bersat hingga beberapa ton. Dengan menggunakan alat ini, maka batu kricak sebanyak dan seberat apapun bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, sehingga bisa mengatasi penggunaan tenaga manusia yang memerlukan energi yang besar. Alat ini, sejauh ini belum kita saksikan penggunaannya dimanapun di seluruh dunia. Forum Seminar dan workshop TEDI memaparkannya untuk dunia luas.

Selanjutnya mengenai¬† model ujian tertulis online yang “tidak bisa ngerpek”. Model ini sudah dibuatkan programnya oleh seorang dosen UQ yang menekuni bidang program informatika. Jika di program S3 UIN Jakarta misalnya, pada saat ujian komprehensif S3 menjalankan ujian komprehensifnya dengan memakai mesin ketik lama, yang biasanya besar di suatu ruangan khusus, yang dijauhkan dari segala bahan yang memungkinkan mahasiswa ngerpek, maka di UQ sekarang disiapkan alat yang menggunakan model itu.

Modelnya, sudah direkam di dalam CD yang dimana perlu tinggal memakainya. Dan dengan menggunakan alat dalam kemasan model ujian tertulis online itu dosen bisa tenang menjaga ujian sementara bisa dijamin bahwa mahasiswanya tidak akan bisa ngerpek: unik tetapi kita hanya bisa kemecer. Uniknya, karena hanya dengan mengakses ke nomor email tertentu kita bisa memilikinya, dan alat ini akan dikirim oleh pemilik program untuk kita miliki, tentu dengan kompensasi yang disepakati. Kemecer- nya karena kita belum memiliki alat ini sementara kebutuhan pendidikan kita sudah semestinya menggunakan alat ini tetapi belum juga bisa menggunakannya.

Seminar dan workshop Internasional ini, selain diikuti oleh segenap pakar dan guru besar dari Australia, para mahasiswa banyak negara yang mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh UQ, juga diberi kesempatan untuk kita ikuti pada saat kita tengah acara post doktor dan visiting profesor (Erfan Soebahar).

Itu di antara hasil seminar dan workshop internasional yang diselenggarakan di TEDI (Erfan Soebahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *