Mengisi Kuliah Sejak Februari 2022: Penjadwalan, Pelaksanaan Diskusi, dan Karya Keilmuan

Mengisi kuliah pada Semester ini tentu tetap diperlukan keprigelan pengajar dalam memproses apa yang sudah direncanakan dalam proses pembelajaran. Meski jadwal sudah dibuat, pada tahap realisasinya tetaplah harus memperhatikan kondisi dari tiap-tiap kelompok mahasiswa yang ditangani, yang lebih khusus tentu harus dipermantap lebih dahulu pengelompokan fit dari mereka masing-masing..

Jadwal Diadaptasi
Begitu jadwal diterimakan ke tiap-tiap dosen pengampu, tidak selalu harus tinggal menjalankannya seperti direncanakan, mengingat kondisi mahasiswa sekarang ini masih dalam kodisi Covid 19 yang Omicron. Alih-alih, bahwa mahasiswa yang ada di FITK UIN Semarang paling tidak dalam dua kondisi dilihat dari asal usulnya, yaitu (1) mereka yang berasal dari Jawa Tengah dan Luar Jawa alias sama dari Indonesia, atau (2) mereka yang berasal dari Indonesia dan Luar Indonesia seperti dari Thailand, Afrika, dan Negara lain seperti Malaysia dan lainnya.

Diskusi Online dan Offline
Diskusi yang dilaksanakan paling tidak menantang adanya pelestarian penyusunan jadwal yang sudah dimodivikasi. Mengingat kondisi mahasiswa ada yang khusus berasal dari Indonesia dan ada juga yang berasal dari luar Indonesia.

Karya Keilmuan
Dalam kondisi mahasiswa yang masih berada di pelbagai tempat, yang belum sepernuhya hadir menyatu di sekitar kampus, maka mahasiswa akan memiliki masalah yang berkenaan dengan kemungkinan memperoleh dan akses ke literasi mereka baik untuk menulis makalah atau artikel perkuliahan maupun artikel penugasan. Di sini untuk memerintahkan mahasiswa dapat membaca yang sesuai dengan arahan pengajar, tetap bukan merupakan hal yang mudah untuk mereka lakukan (Erfan Subahar).

547 thoughts on “Mengisi Kuliah Sejak Februari 2022: Penjadwalan, Pelaksanaan Diskusi, dan Karya Keilmuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *