Reuni Alumni Syari’ah IAIN Supel di Kota Jember

Pada hari Kamis, 1 Juni 2023, saya mengadakan perjalanan ke Bondowoso dan Jember Jawa Timur. Kunjungan pada hari itu saya arahkan pertama kali ke kota Bondowoso, sehingga di waktu longgar yang sama-sama berlibur memperingati hari Kelahiran Pancasila, terasa padat. Misalnya kami gunakan untuk bertemu sanak saudara di Kota Bondowoso. Perjalanan ke arah Pulau Jawa ke bagian timur itu, disempatkan mampir ke Kraton Pasuruan, tampat seorang ustadz yang  dianugerahi linuih menyegarkan fisik bisa digunakan manakala ingin menyegarkan diri melalui kepiawai annya dalam menata saraf agar sehat bugar . Dari daerah Pasuruan, perjalanan dilanjutkan ke kota Bondowoso, tepatnya ke desa Tangsil Kulon Bondowoso, kota yang ketika hari raya Idul Fitri yang lalu tidak dapat saya kunjungi, karena padatnya pelbagai di kota Semarang.

Ke Tangsil, Wonosari, Jember

Ke sanak saudara di Bondowoso adalah fokus pertama saya bersama istri dalam kunjungan ini. Setelah singgah pertama kali ke wilayah Wonosari, tempat Kakak Kandung Muhashshanah sekeluarga, di situlah saya beroleh informasi, baiknya ke mana saja saya harus bersilaturahmi setelah itu. Arah kunjungan, bisa ke dua Tangsil yaitu ke Tangsil Kulon dan Tangsil Wetan, yang sama berada di dalam wilayah Bondowoso.
Maka khusus di hari Kamis dan Jum’at saya mencukupkan diri bersilaturahmi ke Desa Tangsil Kulon. Di tempat kelahiran penulis itu, kini tinggal adik Ragil bersama keluarga, KH Zarkasyi Soebahar dan anak-anak dari adinda Siti Halimah adik kandung yang sudah almarhum. Di tempat ini sempat saya bermalam hingga sabtu pagi, karena pada hari Jum’at siang, saya seperti biasa jika pulang Jum’at diminta kerelaannya untuk menjadi khatib shalat jum’at.

Reunian di Jember
Inti acara di Jember yang dikunjungi pada hari Sabtu adalah ber-reuni dengan lulusan S1 Syari’ah IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Acara Reuni disusun:
1- Pembukaan
2- Menyanyikan lagu Indonesia Raya
3- Pembacaan Tilawah dan Terjemah
4- Tausiyah Hikmah 1
5- Menebak Foto di Balik Huruf R E U N I
6- Tausiyah Hikmah 2
7- dll.

Kembali ke Semarang
Seusai acara, saya dan isteri, yang diikuti juga oleh kawan dari Surabaya kembali manuju ke Semarang dengan melewati kota Lumajang, Sidoarjo, Surabaya, hingga ke Semarang (Erfan).

 

 

2079

2,079 thoughts on “Reuni Alumni Syari’ah IAIN Supel di Kota Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *