Ungkapan Hikmiah Ke-38

381- Membimbing salat murid secara fungsional adalah tugas kolektif. Karena salat yang fokus menghadap diri rukhan wa jasadan ke Baitullah itu tidak cukup dengan hanya penanganan guru yang jam tugasnya terbatas di sekolah, hingga perlu kiprah orang tua, teman dekat, dan yang lain, yang tulus berjuang di jalan Allah  (Erfan Subahar).

382- Membangun kesejahteraan ekonomi dan kehidupan umat mesti disejajarkan kegiatannya dengan pendidikan dan pelaksanaan salat yang fungsional, karena salat fungsional sangat potensial untuk mendongkrak perilaku produktif guna mewujudkan apa yang direncanakan tercapainya di dalam kehidupan (Erfan Subahar).

383- Pilihan tidak memimpin lembaga atau fakultas atau universitas sebagai tambahan tugas dosen adalah hak, karena tugas utama dosen adalah tri dharma perguruan tinggi. Apabila waktu tidak menjabat ini dikelola dengan tepat, maka tugas dikjar, penelitian, pengabdian dan penunjang dapat ditangani maksimal jauh dari kemerungsung dan mepet waktu (Erfan Subahar).

384- Bagi mantan pejabat kalangan dosen, purna tugas berarti masa syukur lolos diri dari banyak pengalaman yang direguk sewaktu kita bertugas. Sekaranglah momen berprestasi, yang dengan berlatar pengalaman masa menjabat, tepat bagi mendongkrak bahan ajar, artikel, laporan, dan karya lain agar dapat tampil paripurna (Erfan Subahar).

385- Pengarang atau penulis buku-buku berbobot banyak galisah dengan minimnya waktu diri untuk ditulis sewaktu menjabat. Momentum itu, adalah suatu berkah yang layak diisi oleh mereka yang tidak menjabat, baik untuk membaca leteratur, melakukan penelitian, mengajar, dan menuliskan banyak mahakarya terbaiknya (Erfan Subahar).

112 thoughts on “Ungkapan Hikmiah Ke-38

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *