Dogderan di Semarang dan Kudus

Menjelang datangnya Puasa Ramadan, publik disuguhi kesenangan menarik. Kesenangan bisa dinikmati banyak kalangan, dari yang masih anak-anak sampai kepada orang tuanya anak-anak. Yaitu saat datangnya dogderan. Di dalamnya diperjual belikan apa saja yang membuat anak-anak senang, terutama menjelang datangnya ramadhan.

Banyak permainan bisa dimiliki dari harimau-harimauan, lembu-lembuan, kucing-kucingan, baik yang dicetak dari tanah atau pun yang plastik. Kesemuanya bisa disaksikan di pelbagai tempat di seputar Pasar Johar. Maka tak heran jika menjelang datangnya Ramadhan, banyak pengunjung berdatangan di Seputar Pasar Johar Semarang atau di Kudus yang bisasanya berada di Sekitar Masjid Menara hingga ke Dekat Alun-alun.

Untuk Anak-Anak dan Pembinanya

Dogderan tentu bukan hanya untuk anak-anak yang di bulan ini kebetuhan bersama liburan. Mereka yang akan dibimbing ke dalam puasa, di setiap tahunnya dihibur dengan mainan-mainan menarik, yang dibuat dari pelbagai bahan; dari tanah, kayu, ataupun plastik dan lain-lain.

Dogderan ini biasanya berakhir menjelang datangnya Puasa Ramadan, yang ditandai dengan adanya Prosesi Dogderan 1434 H/2013 M yang di Semarang menurut salah satu sumber akan dilangsungkan Hari Senin siang/sore, 8 Juli 2013, yang biasanya ditandai dengan Penabuhan Beduk dan Penyulutan Bom Balon, sebagai tanda resmi Dogder. (Erf)

902 thoughts on “Dogderan di Semarang dan Kudus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *