Islam di Rusia, Sudah Saatnya Untuk Terus Berkembang

Sebenarnya Islam di Rusia (sejak Masa Uni Sovyet dulu) sudah ada, dan masjid-masjid untuk ibadah juga dibangun. Namun, pada saat itu kehidupan muslim tidak tumbuh menggembirakan karena berhadapan dengan banyak kekuatan, di antaranya yang cukup berarti adalah kekuatan komunis yang tidak memberi keleluasaan umat Muslim berjalan melaksanakan ajarannya dalam kehidupan harian. Kenyataan demikian agak lain dengan akhir-akhir ini.

Pada akhir-akhir ini, ada fenomena yang menjadikan Rusia semakin jelas perkembangannya. Dunia luar pun lalu semakin jelas mengenai kenyataan baru dalam kehidupan muslim di Republik Rusia. Suatu pertanyaan sering muncul minta penjelasan: mengapa populasi Muslim di Rusia kian bertambah? Paling tidak informasi berikut, sedikit memberi kelegaan kepada kita.

 

Alasan Muslim Berkembang

Jumlah penduduk muslim di Rusia saat ini mengalami peningkatan setiap tahun. Mantan Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaludin menjelaskan: “Banyak remaja di Rusia meninggal dunia karena banyaknya minum alkohol, sedangkan remaja Muslim tidak minum minuman alkohol,” ujar Hamid Awaludin ketika di Jakarta (9/6/2015).

Bagi masyarakat Rusia, sudah maklum bahwa meminum alkohol adalah hal biasa karena suhu dingin yang melanda negeri tersebut. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan alkohol jelas berdampak buruk bagi kesehatan.

“Umat Islam di Rusia konsisten tidak minum alkohol. Selain itu, umat Islam juga tinggal dalam komunitas yang memungkinkan mereka untuk bisa saling membantu satu sama yang lain,” tambah Hamid Awaludin.

Saat ini diperkirakan ada 20.000.000 pemeluk Islam yang berada di Rusia. Jumlah itu merupakan 30 persen dari populasi rakyat Rusia.

Hamid selanjutnya menambahkan, sekarang merupakan saat yang terbaik bagi umat Islam untuk melakukan kerja sama dengan para Pemuka Rusia. Pasalnya, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev sangat terbuka terhadap seluruh agama yang ada di dunia.

Dunia pun sudah banyak diberi informasi yang valid mengenai kenyataan Muslim Rusia yang sebenarnya. Termasuk peluang untuk menyuburkan kondisi ibadah mereka yang melaksanakan ibadah dengan baik dalam kehidupan harian Muslim (Erf).

1 thought on “Islam di Rusia, Sudah Saatnya Untuk Terus Berkembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *