Memanfaatkan Gosokan dan Tepukan Tangan: Buat Menjaga Kebugaran Badan

Pada masa pandemi Covid 19 ikhtiar untuk selalu sehat perlu terus dilakukan. Anggota badan kita terutama jantung yang memompa darah ke sekujur tubuh, juga peredaran darah perlu senantiasa dijaga. Tentu saja juga kepala yang karena banyak melihat gadget perlu dijaga agar tidak pening dan terus bisa melakukan apa-apa yang  kita kehendaki.

Pertanyaan yang sering dijajukan, adakah yang gratis untuk maksud tetap menjaga kesihatan itu? Alhamdulillah dapat dijawab: ada. Di bawah ini, ada sejumlah tepukan atau pukulan tangan sendiri dapat digunakan untuk menopang maksud itu. Anda berminat, dilahat petunjuk di bawah ini untuk langsung dapat dipraktekkan.

Gosokan dan Tepukan Menyehatkan
Ya kita dapat memberi nama tujuh (tujuh) tepukan atau pukulan sayang yang menyehatkan, yaitu:

  1. Agar selalu segar dan tidak pening, dapat kita jaga dengan cara menggosok dengan jari dari pangkal hidung ke atas selama 2 menit.

2. Agar tercegah dari serangan darah tinggi, maka dapat kita jaga dengan setiap hari menggosok leher belakang kita sekitar 5-10 menit.

3. Agar hati kita (terutama yang berusia 50 tahun ke atas) tetap sehat, dapat dijaga dengan sering-sering memukul/menepuk ketek (kelek) setiap hari.

4. Agar jantung kita terjaga baik, maka dapat dijaga dengan memukul/menepuk pangkal lengan kita.

5. Agar perut selalu terjaga dari masuk angin, dapat dijaga dengan menepknya beberapa kali ke bagian perut kita.

6. Agar usus tetap terjaga dengan baik, jangan lupa untuk suka menepuk-nepuk telapak kaki kita sehari-hari.

7. Ternyata, menepuk-nepuk telapak kaki kita, juga dapat menjaga jantung.

Tujuh hal di atas tentu saja gratis. Tentu walau demikian tidak sepela pengaruhnya bagi kesihatan badan kita. Namun, kalau belum dicoba, teknik apapun tidak akan ada manfaatnya. Boleh kita coba, semoga cocok buat anda sekeluarga dan handai tolan anda. Bismillah (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: