Mengenal Sekilas Manfaat Kopi Hitam bagi Kesihatan

Pada beberapa bulan menjelang usia 59 tahun Juni 2015, saya tiba-tiba tertarik lagi pada kesenangan lama, yaitu bertukar pikiran di sekitar cara bagaimana berbadan sehat. Obat-obat alami adalah yang saya ingat-ingat itu, terutama yang membawa suasana lebih akrab tatkala para usia lanjut bersilaturahmi. Betapa tidak, karena kawan segenerasi saya yang usia 40-60-an, ketika bertemu sudah dalam keadaan beragam. Ada kawan yang tekena stroke, ada yang diabet, yang sudah lama menderita diabet hingga sudah meninggal.  Lainnya ada juga yang beberapa kali cuci darah, dan bermacam-macam penyakit, serta ada juga yang terkena radang sendi. Padahal harga dan cost pengobatan itu variatif, dari yang murah sampai dengan yang begitu mahal.

Sementara saya sekeluarga lebih menyukai pengobatan sederhana, biaya murah lagi mujarrab. Kalau dokter, kami lebih dekat dengan yang berpengalaman, tidak mesti yang spesialis. Kalau pengobatan yang agamis, saya lebih dekat yang pengobatan mereka yang berpegang nash Qur’an dan Hadis, atau mereka yang sangat dekat dengan-Nya. Dan kami pun berminat pada proses menjaga diri dengan bahan-bahan alami seperti kopi hitam. Yaitu Kopi hitam yang pahit tanpa gula yang belum diproses lanjut dengan bahan kimiawi lainnya.

Manfaat Kopi

Kopi sudah menjadi minuman favorit dari orang-orang di dunia, tetapi tidak semua orang tahu bahwa sebenarnya banyak sekali manfaat kopi yang dikonsumsi setiap hari. Untuk anda yang hobi minum kopi, apakah sudah tahu apa saja manfaat yang terkandung dalam kopi?

Kopi hitam sebelum ditumbuk dan
yang siap diminum
Minum kopi hitam memiliki manfaat antara lain sebagai berikut ini:
1. Melindungi Jantung
Peminum kopi yang mengonsumsi 1-2 cangkir kopi hitam per-hari memiliki risiko terkena stroke lebih rendah dibandingkan yang tidak minum kopi. Hal ini disebabkan oleh adanya antioksidan yang terkandung dalam kopi. Kopi memiliki antioksidan lebih banyak dibandingkan blueberry. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri. Sesaat setelah meminumnya, kopi meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

2. Mencegah diebetes
Antioksidan kopi, khususnya asam klorogenat dan guinides, memainkan peranan untuk meningkatkan sel tubuh terhadap insulin yang membantu mengatur gula darah. Faktanya, orang yang minum kopi setiap harinya memiliki risiko lebih rendah terkena 2 tipe diabetes, menurut beberapa penelitian.

3. Menjaga kesehatan hati
Kopi juga bisa meminimalkan risiko munculnya sirosis dan penyakit hati lainnya. Satu analisa dari sembilan penelitian menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hari sebanyak 43%. Hal ini karena peran antioksidan dan kafein di dalamnya.

4. Meningkatkan kekuatan otak
Minum kopi secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, sama halnya seperti Parkinson. Antioksidan yang terkandung di dalam kopi menangkal kerusakan sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih maksimal sehingga otak bekerja lebih baik.

5. Membantu menghilangkan sakit kepala
Penelitian membuktikan, 200 miligram kafein dapat membantu menghilangkan sakit kepala, termasuk migrain. Walaupun begitu belum ada penelitian yang membuktikan bagaimana cara kafein menghilangkan sakit kepala, namun para peneliti meyakini bahwa kafein meningkatkan aktivitas sel otak yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitarnya menegang.

6. Meningkatkan kesuburan pria
Manfaat minum kopi hitam di pagi hari membuat sperma deras dan lincah. Bagi pecandu kopi, secangkir kopi di pagi hari bisa mendongkrak gairah dan semangat untuk beraktivitas. Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, Brasil, menemukan bahwa minum kopi pahit di pagi hari juga bermanfaat untuk kesuburan pria.
Manfaat kopi di atas, tentu dapat saja dikembangkan sesuai dengan hasil penelitian kita. Dan dalam menggunakanpun kita punya kecocokan masing-masing.  Saya, penulis artikel ini, lebih cocok mengonsumsi kopi yang tanpa gula. Kopi hitam yang tanpa gula, lebih aman bagi mereka yang terkena maag. Bagi yang tanpa maag, minuman kopi hitam dapat diminum pada pagi dan sore hari. Nah, berikutnya kita lihat juga bagaimana dengan daun sirih?

Akhirnya, layak dicatat bahwa kopi hitam adalah obat alami yang pohonnya sudah ada di beberapa kebun di Indonesia. Kalau di sebelah rumah kita ada space beberapa meter halaman, kopi ini tidak sukar tumbuh. Ia bisa juga ditanam dengan baik di daerah terutama yang agak dingin. Kalau tidak, bisa saja langsung beli kopi bubuknya, dan tinggal menyeduhnya, silakan mana yang akan kita pilih (Erfan).

1 thought on “Mengenal Sekilas Manfaat Kopi Hitam bagi Kesihatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *