UIN Walisongo Semarang: Kampus bagi Dunia Sekarang dan Masa Depan

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo adalah sebuah universitas yang ada di Indonesia. Dulu bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo. Ia lahir dari rahim ibu pertiwi Indonesia, yang nyata-nyata dikehendaki lahirnya di tahun 1970. Disebutkan secara lengkap bahwa IAIN atau UIN Walisongo Semarang lahir pada tanggal 6 April 1970 M, bersamaan dengan Senin wage, 29 Muharram 1390 H.

Nama Semua Wali
Namanya mencakup nama semua wali tanpa disebut secara rinci satu persatu. Kawan-kawan penghuni kampus ini suka menyebut kampus kecintaannya dengan kampusnya para wali.
Mula-mula Kampus Walisongo ini berdiri di suatu kawasan yang berada di Ki Mangunsakoro sana, dekat dengan lapangan sepak bola Diponegoro. Dekat dengan tempat berkumandangnya Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang.
Tentu saja kampusnya bukan hanya ada di tanah itu. Karena kampus ini dulu dekat juga salah satu kampusnya dengan Kerajaan Demak Bintoro.
Setelah beberapa tahun beroperasi di Ki Mangunsarkoro, menjelang tahun 1980 Kampus Walisongo pindah ke daerah Jrakah, yaitu yang sekarang biasa disebut dengan Kampus I yang sering disebut Kampus Jrakah. Selama beberapa tahun, Jrakah ditempati perkuliahan beberapa fakultas, yakni Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah. Namun, lama kelamaan kampus ini terus dikembangkan sehingga sekarang ada tiga kampus, yaitu Kampus I yang sekarang ditempati Kantor dan perkuliahan Pascasarjana, Kampus II yang sekarang ditempati Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Ushuluddin dan Humaniorang, sementara lainnya bertempat di Kampus III ditempati banyak bangunan dengan sejumlah fakultas.

Kampus Kemanusiaan dan Peradaban
Kampus UIN Walisongo sekarang adalah yang tengah dalam perkembangan. Dari IAIN Walisongo yang mengemban empat fakultas asal yaitu Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syari’ah dan Fakultas Ushuluddin. UIN Walisongo berkembang cepat dengan beberapa fakultas baru yang sama-sama dipermantap perkembangannya yaitu:
1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)
2. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH)
3. Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (Fuhum)
4. Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK)
5. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
6. Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
7. Fakultas Sosiologi dan Kesehatan (FSK)
8. Fakultas Sains dan Teknologi (FST)
9. Fakultas Kedokteran (ditunggu realisasinya).

Hingga di sini dulu rekaman tentang Kampus Walisongo ini. Lain kali penulisan ini disempurnakan. Bermula dari mengenal yang sedikit, menyusul nanti kita melengkapinya dałam lanjutan penulisan sehingga dapat mengenal lebih banyak (Erfan Subahar).

4707

4,707 thoughts on “UIN Walisongo Semarang: Kampus bagi Dunia Sekarang dan Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *