Kerangka Ikhtiar Membuat Atasan Kita Terkesan

Berada di suatu kegiatan, baik di suatu organsasi maupun suatu kantor atau perusahaan kita perlu menjadi pribadi yang memiliki kesan baik. Keinginan menjadi kesan itu merupakan hal yang sehat, yang layak diusahakan oleh siapapun baik bagi sesama, tentu yang tidak bisa ditinggalkan adalah kepada atasan kita.

Jika kita berada di suatu tempat beraktivitas, maka sudah pada saatnya kita menunjukkan sepak terjang yang baik. Namun, terkadang prestasi seba­gai staf baru dilihat sebagai upaya cari muka oleh staf-staf yang lebih senior. Nah, bagaimana cara menjalin hubungan tetap baik sesama staf senior namun kamu te­tap bisa membuat atasan ter­kesan dengan kinerja kita terutama bagi petugas baru. Beberapa hal berikut layak kita lakukan:

1- Tantang Diri Anda

Biasakan mengerjakan tugas yang di­berikan oleh atasan, sesulit apa pun tugas itu. Kerjalanlah sedapat dan sebaik mungkin. Jika perlu, tanyakan ke­pada staf senior jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan tugas yang di­mandatkan oleh atasan. Staf senior tentu akan membantu Anda dalam hal-hal yang diperlukan. Dan jika Anda berhasil berhasil mengerjakan tugas tersebut, maka atasan dan staf senior akan bangga dengan kinerja Anda karena staf senior merasa ada andil baiknya terhadap tugas Anda.

2- Beranilah Menyampaikan Ide-Ide Baik 

Sampaikanlah ide-ide baik dan perlu di saat-saat ada meeting dengan divisi Anda. Di situ, berikanlah ide-ide Anda yang segar dan inovatif; jelaskanlah secara detail dan rinci agar atasan dan rekan kerja Anda mengerti arah dan tu­juan ide Anda. Namun, yang perlu diingat, bahwa di saat mem­presentasikan ide, jangan terkesan menggurui mereka atau lebih tahu dari mereka. Sesekali bertanyalah Anda tentang ide Anda kepada staf yang lain.

3- Kembangkan Skill Anda

Jika atasan dan rekan kerja Anda sudah menyukai kinerja maksimal yang Anda berikan, saatnya mengem­bangkan keterampilan lebih luas lagi. Pelajari atau cari tahu lebih lanjut bidang yang sedang Anda tekuni atau tugas baru yang sedang diberikan oleh atasan Anda, banyaklah bertanya kepada staf yang memang sudah ahli dalam mengerjakan tugas tersebut.

4- Biasakan segera bekerja dan selesaikan 

Jangan menunda-nunda pekerjaan yang diberikan atasan. Segaralah kerjakan tugas Anda dan selesaikan dengan baik. Jika Anda diberi tenggang waktu 2 hari untuk menyele­saikan pekerjaan, usahakan selesai dalam waktu 1 hari, hal itu selain akan mendapat poin dalam penilaian atasan, Anda juga akan memiliki waktu luang untuk mengembangkan kete­rampilan yang lain.

5Bekerjalah dengan trampil dalam Devisi 

Ingat, Anda bekerja se­bagai bagian dari tim atau divisi Anda. Janganlah tampil memalukan seperti sikap egois; usahakanlah tampil fleksibel terhadap divisi Anda. Ba­nyak bertanya tidaklah salah selama itu tidak mengganggu rekan divisi Anda. Bekerjalah dengan tekun sebagai bagian dari tim atau divisi Anda.

6- Keinginan Yang Kuat

Jangan sekali-kali bergantung diri pada orang lain. Yang baik, tunjukkanlah keinginan yang kuat dalam bekerja. Dan inisiatif merupakan hal yang sangat dihargai oleh setiap atasan di setiap organisasi atau tempat kita berusaha.

7- Biasakan Selalu Siap Bertugas Pasca Makan Malam

Orang yang  beruntung dalam banyak tugas adalah yang selalu melakukan persiapan. Selain berupa apersepsi, persiapan yang layak dilakukan adalah berkemas-kemas dalam rangka menunaikan tugas esok pagi namun yang dilakukan pada malam hari.  Baik berupa materi yang akan dibahas atau dilakukan maupun perlengkapan-perlengkapannya, maka itu baiknya dilakukan pada malam hari. Dari situ, pada pagi harinya dalam keadaan diri bugar, maka tinggal berangkat menuju tempat tugas dan sekaligus mengarahkann diri untuk siap langsung menyambut tugas yang mesti dilakukan.   

8- Berikhtiarlah untuk Menjadi Ahli

Sejak mulai bertugas, berniatlah dan teruslah memperkuat diri untuk mencari ilmu kerja dan menyampaikan yang kita miliki untuk dishare secara benar. Tidak mengapa kita jadi ibara “kamus” untuk kantor kita, selalu up-to-datekan diri dengan di sepu­tar informasi yang menyang­kut pekerjaan Anda; itu akan merupakan nilai tambah yang akan sangat diperhitungkan oleh atasan kita dan di sekeliling kita.

9- Berangkatlah Untuk Mencapai Tujuan

Sejak awal mengabdi arahkan diri selalu untuk mencapai tujuan. Dengan niat yang tulus dan selalu menuju tujuan jangka panjang, memperoleh ridha Allah, maka kerja-kerja apapun akan tetap ringan untuk dilaksanakan. Dengan demikian, aktivitas kita selain mempermudah mencapai sejahtera juga akan membawa kita memperoleh apa yang disebut bahagia kini dan yang akan datang nanti. 

Berikhtiarlah menjadi individu yang bisa diandalkan: rekan dan atasan kerja, karena selain atasan akan terkesan, Anda akan memperoleh peng­alaman dan ilmu-ilmu baru dari rekan seprofesi kita (Erfan Subahar).  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *