Ikhtiar Kompak: Mempermantap Kehadiran Yayasan Pendidikan Kita

Suatu yayasan pendidikan didirikan adalah sebab memiliki keinginan penting, yang dikenal dengan tujuan. Dengan memiliki tujuan, apapun persoalan yang dihadapi yang bisa saja bermacam-macam sumber daya, sumber dana, jenis pendidikan yang dikelola, namun dengan memiliki perangkat yang diperlukan, akan dapat dihadapi dengan baik, terkelola seperti yang diharapkan. Untuk memenuhi kemantapan kehadiran suatu yayasan, paling tidak ada beberapa hal yang diperlukan bagi eksistensinya:

1. Kebersamaan

Kebersamaan merupakan tonggak yang perlu ada dalam rangka mencapai cita-cita, sebab dengan kebersamaanlah suatu cita-cita menjadi mudah diraih. Namun, kebersamaan saja sebenarnya tidak cukup, mengingat dalam kebersamaan perlu ada yang namanya komunikasi.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang tidak dapat ditinggalkan bagi terwujudnya kebersamaan. Dengan komunikasi yang baik, suatu pesan akan diterima oleh penerimanya dengan benar dan baik, bahkan bisa berlaku secara timbal balik. Dalam komunikasi yang benar bahkan sekaligus akrab, tanda-tanda selalu menyapa dengan salam, yang diiringi dengan suyuman, serta bertegur sapa, akan memudahkan berjalannya suatu koordinasi.

3. Koordinasi

Mantapnya kehadiran, tidak cukup hanya dengan kebersamaan dan komunikasi, tetapi perlu suatu koordinasi. Sedang di dalam suatu koordinasi, kebersamaan itu dituntut benar-benar bisa wujud. Karena bagian demi bagian dari kebersamaan itu bisa diibaratkan satu gir yang disatukan oleh rantai yang megutuhkannya.

4. Tanggung Jawab

Ketiga hal di atas dapat berjalan dengan mantap bila diimbangi dengan adanya tanggung jawab, yang memungkinkan suatu roda dapat berjalan dalam suatu kesatuan yang saling sinergi di bawah rantai yang saling mengikatkaitan antara gir dengan gir lain.

5. Kehadiran

Kehadiran tidak dapat dilepaskan dari tanggung jawab, dimana tanggung jawab itu sendiri mesti terjadi di dalam kegiatan yang dilaksanakan baik menyangkut kegiatan intra maupun ektra.

 6. Loyalitas

Kegiatan itu selain menjadi bukti dari kehadiran akan membawa kemantapan jika bergerak dengan loyalitas yang jelas, yang dikerjakan sebab pelakunya menghendaki pencapaian yang khas dan sekaligus memiliki berkemampuan yang khas dengan loyalitas yang tidak berbagi. Dengan loyalitas yang jelas dan terarah maka tujuan demi tujuan akan lancar dan mantap pencapaiannya.

Demikian, semoga apa yang kita bicarakan ini memiliki manfaat yang bagi dunia pendidikan, dan mampu berkembang setahap demi setahap menuju tujuan yang disepakati bersama.

 

 

1 thought on “Ikhtiar Kompak: Mempermantap Kehadiran Yayasan Pendidikan Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *