Ngos-Ngosan Menyelesaikan Laporan Penelitian Kolektif

Ada tugas yang benar-benar menyita waktu dalam proses penyelesaiannya. Sebenarnya tugas itu dipersiapkan oleh empat orang. Namun, menjelang proses memasuki masa kerja keras penyelesaian, dua atau tiga diantara tim yang berjumlah empat orang, mulai memasuki tugas baru di fakultas yang diwajibkan oleh atasan masing-masing. Maka sang ketua timlah yang kebagian tugas menyelesaikan itu.

Padahal, bersamaaan dengan proses finishing, tugas-tugas pengabdian menantang. Mengisi ceramah di RRI Pro-4, sudah menantang kita untuk start dengan topik baru.  Setelah di awal syawwal membahas keutamaan silaturahmi dan memberi maaf, maka segera kita masuki topik yang menantang untuk mencerahkan masyarakat kita, maka kita bahaslah topik Agama dalam Kehidupan Masyarakat Plural. Topik ini saya ceramahkan secara bersambung dalam tiga sampai empat topik.

┬áPara Jamaah tafsir hadis di Bedagan, yang sudah delapan tahun ini saya mengisinya juga minta mulai lagi. Setelah sebulan kita libur puasa Ramadhan, pengajian kembali berjalan seperti semula. Selain menyinggung Halal Bihalal, pengajian langsung mengaji hadis, yang mengambil topik “Sebab Krusial Apa yang Menjadikan Darah Seseorang Itu Halal.”

Pengajian tafsir hadis diisi mulai Jum’at, 14 Agustus 2015, sambil terus menyelesaikan tugas menulis laporan kolektif, yang kita selesaikan bersama 4 orang (Erfan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *