Mengisi Tugas Perkuliahan Semesteran Yang Kian Padat
Tugas utama dosen di perguruan tinggi pada dasarnya sama yaitu melakukan pendidikan dan pengajaran. Di luar itu adalah melakukan penelitian dan pengabdian serta yang menunjangnya. Tentu bagi perguruan yang baru mengubah statusnya dari IAIN ke UIN menghadapi tantangan yang berat, antara lain adalah berupa menghadapi kebutuhan tenaga pengajar yang banyak untuk menangani perkuliahan yang diakibatkan oleh banyaknya fakultas baru yang lahir seiring dengan lahirnya universitas baru yang sedang dihadapinya.
Menghadapi tugas yang semakin banyak tentu tidak boleh sekadar menghadapi secara asal-asalan apalagi sekadar untung-untungan. Suatu strategi mengajar layak diterapkan agar target perkuliahan dapat dicapai dan kesehatan serta produktivitas dosen tetap terjaga.
Tips-tips melakunnya tentu saja dapat disiasati, antara lain adalah dengan menempun cara berikut:
1- RPS mesti disiapkan sejak awal perkuliahan dan bisa terus dikembangkan dalam perkuliahan;
2- Perhitungan tahap demi tahap perkuliahan diusahakan dengan tepat dengan memperhitungkan momen-tum yang tersedia sejalan dengan kalender perkuliahan yang tersedia;
3- Menggunakan metode perkuliahan yang terpantau secara efektif dan bisa menyiasati kepintaran maha-siswa sebagai pendamping kesuksesan dalam mengoptimalkan pembelajaran yang ditangani dosen.
4- Selalu melihat kecenderungan terbaik mahasiswa bagi menyelesaikan studinya persemester bagi penyelesaian tugas dosen pada semester yang dihadapi.
5- Ada analisis untung rugi yang disipakan oleh dosen baik bagi penyelesaian tugas-tugasnya maupun menganalisis kesehatan dan kebugaran dirinya terutama kaitannya dengan penyelesaian studi mahasiswa dan perampungan perkuliahan yang ditanganinya.
6- Dosen senantiasa cermat dalam menjaga diri dan efektivitas tugasnya dalam tahap demi tahap pengisian kuliahnya sehingga semua hal dapat berlangsung dengan sikap baik, tenang jauh dari kemerungsung, dan ending-endingnya semua dapat membawa keberhasilan bagi mahasiswa dan dirinya (Erf).