Menutup 2020 dan Mengawali 2021: Dengan Ikhtiar Sihat & Biasa Sukses

Salah sebuah ungkapan yang layak saya munculkan kepada segenap pembaca website ini di penghujun tahun 2020 adalah harapan — siapa pun yang memberi komentar singkat di bawah ini: dari kalangan apapun dan dimana pun berada — dianugerahi Allah: selalu hidup sehat bugar, di tahun yang 2021 dan selanjutnya aktivitasnya lancar, selalu cerah dan dapat mencerahkan sesama, dan dapat hidup biasa sukses dan selamat dunia akhirat.

Memasuki 2021 Ditolong Allah
Bagi kaum yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, memasuki tahun 2021 yang tinggal beberapa Jam lagi, kita mestilah tetap memiliki harapan. Yaitu, tetap berharap positif bahwa dengan berikhtiar maka apapapun yang kita mohon diyakini akan dikabul oleh Allah. Jika selalu memohon fisik sihat, tidak mustahil di salah satu permohonan sihat kita dikabulkan oleh Allah, sehingga memasuki tahun 2021 kita akan selalu sihat dan sejahtera. Dan dengan berdoa selalu mohon masalah-masalah kita selalu dibuat gampang mencari dan memecahkan solusinya maka tidak mustahil respons kita terhadap kehidupan ke depan akan dimudahkan oleh Allah. Tentu saja, dengan memperhebat kedekatan kita kepada-Nya tidak mustahil aneka kesuksesan, kesejahteraan, dan keselamatan dapat kita reguk di tahun 2021 dan masa-masa selanjutnya.

Corak Hidup Biasa Sukses
Dapatnya mengharapkan selalu sukses tentu bukan merupakan produk waktu final, tetapi suatu proses yang dilakukan dari waktu ke waktu. Karena sukses bukanlah suatu yang sealu berada di akhir melainkan proses yang setiap siapapun yang melakukan ikhtiar dengan tekad yang kuat dan berpikir optimis akan dapat merainnya. Dari itu, hal-hal yang berikut akan dapat kita meraihnya jika dilakukan secara berkelanjutan atau biasa diikhtiarkan dan dilakukan bagi memperolehnya:

1. Mengelola waktu dengan bijak dan berkelanjutan
Waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat bisa disepelekan. Statusnya ia tidak bisa untuk diulang maupun dipercepat. Maka dari itu, kita harus mengelolanya dengan baik,  memanfaatkan waktu yang dihadapi saat-saat ini secara maksimal dan optimal. Pengelolaan waktu yang baik dan bijak merupakan ciri khas dari pekerja dan pengabdi yang biaya melayani dengan baik bagi sesama.

2. Tidak menunda-nunda tugas
Menunda mengerjakan tugas sering dilakukan oleh kita, baik dalam lingkup sekolah maupun pekerjaan. Lakukan apapun yg dapat membuat Anda tetap bersemangat.
Salah satu cara untuk memotivasi yg biasanya ampuh adalah bayangkan kesuksesan spt apakah yg nanti akan didapatkan, dan bagaimana perasaan Anda jika sampai di tahap tersebut. Lalu sadari bahwa utk mendapatkan itu semua, Anda harus melalui semua kewajiban ini.
Cara kedua adalah memainkan sisi psikologis Anda sendiri. Secara teori psikologi, jika Anda memberitahu kan target diri sendiri ke rekan kerja secara publik, Anda akan terpacu untuk benar-benar meraih target tersebut, karena ketika rasa malas mulai melanda, Anda akan merasa malu dan kecewa jika target tersebut tidak dapat dilakukan.

3. Suka membuat daftar prioritas aktivitas harian
Di saat setelah bangun atau malam sebelum tidur, biasa dibuat daftar prioritas tugas yang harus dikerjakan, mulai dari yang terpenting sampai ke yang tidak terpenting. Dengan begitu maka dapatlah memfokuskan diri untuk bekerja sesuai dengan urutan yang dicatat.
Tentu saja bila ada tugas besar yang harus diselesaikan dengan melakukan langkah-langkah, maka sudah dipecahkannya lagi ke dalam beberapa poin atau prioritas.

4. Biasa menguasai pikiran sendiri
Pikiran memegang peranan di dalam kehidupan. Biasa bermindset yang optimis, kita akan menjadi percaya diri dan memiliki ambisi positif dalam meraih apa yang kita inginkan. Kita akan memandang pekerjaan kita dengan positif. Jika  gagal di dalam tugas sebelumnya tidak akan patah semangat, sebab gagal gagal itu bukanlah hal yang abadi.
Untuk melakukan apa yang mesti dilakukan, dan mencapai apa yang kita mau, pola pikir kita begitu berpengaruh pada corak keberhasilan yang diinginkan.  Pegangan yang layak ditangani secara kuat: yakinlah bahwa kita bisa dan mampu, sehingga kepercayaan diri meningkat dari waktu ke waktu.

5. Biasa memiliki dan berempati
Bisa memiliki dan berempati adalah mentalitas pokok orang yang sukses. Dengan biasa sibuk ke lingkungan sekitar, baik itu tempat tugas atau ruang sekolah, atau kantor di samping terus menangani pekerjaan diri sendiri, maka kita aan terus berkembang. Empati maksudnya adalah mampu untuk turut merasakan apa yang orang lain alami, membuat diri menjadi seseorang yg dapat bekerjasama di dalam tim dalam rangka memotivasi diri dengan sebaik-baiknya.

6. Biasa menjaga diri sihat dan malakukan amaliah dengan baik dan istikamah
Orang sukses, tentu tidak bisa melupakan pentingnya diri dirawat agar selalu sihat, sebab dengan sihat amaliah akan bisa dilakukan dengan lancar. Disadari bahwa melakukan sesuatu amaliah, baik yang tergolong ibadah mahdah maupun ghairu mahdhah secara berkelanjutan dengan menjaga kualiasnya adalah pekerjaan orang-orang yang selalu berbuah keberhasilan. Karena orang yang berhasil esok hari adalah karena dia selalu melanjutkan kebiasaannya itu di hari ini demi hari ini, yang semua akan membuahkan keberhasilan di hari esok.

Sekian, selamat memasuki tahun baru 2021, semoga pada tahun 2021 dan tahun-tahun berikutnya kita akan senantiasa sehat dan berhasil, Amin (Erfan Subahar).

9 thoughts on “Menutup 2020 dan Mengawali 2021: Dengan Ikhtiar Sihat & Biasa Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *