Mengikuti Pelatihan Penggunaan Smart Class Ke Persiapan Blended Learning

Pada hari Kamis,  15 April 2021, sekitar pk pk 09.00 WIB, para pimpinan fakultas, kajur/sekjur, tim IT, dan para dosen, diundang untuk hadir ke ruang N.6 hingga N.8 untuk mengikuti suatu pelatihan. Yaitu Pelatihan Penggunaan TV Panel Smart Class. Kegiatan dilaksanakan, dengan tetap mematuhi protokol kesihatan, yang dilakukan per-kelas di FITK Walisongo Semarang.


Model Pembelajaran Smart Class

UIN Walisongo Semarang, dengan pelatihan ini  memulai suatu aktivitas dengan mempersiapkan sistem blended learning atau kombinasi antara kuliah online dan kuliah offline di tengah pandemi Covid-19. Untuk proses itu maka Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menyediakan ruang smart class.

Disebutkan dalam pelatihan itu, bahwa FITK menyiapkan delapan kelas yang dilengkapi teknologi terbaru. “Ada teknologi Interactive Flat Panel yang langsung terkoneksi internet,”


Membantu Ke Arah Blended Learning

Model dari fasilitas tersebut seperti dijelaskan dalam pelatihan, dapat membantu para dosen untuk proses pembelajaran, yang dalam satu pertemuan dapat mempermudah mencari bahan perkuliahan hingga mengakses jurnal internasional.

Menurut penjelasan yang saya terima dalam pelatihan ini, Interactive Flat Panel bisa dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran online maupun offline. Jadi dapat memanfaatkan dua sarana pembelajaran dalam aktivitas pembelajaran kita.

Rupanya kegiatan yang berlangsung itu adalah untuk melatih penggunaan teknologi ini, yang pada kesempatan pelatihan kali ini banyak dihadiri oleh para dosen. Pelatihnya dihadirkan oleh pihak kampus, dari tim instruktur yang dihadirkan dari distributor Interactive Flat Panel.

Menurut penjelasan pihak FITK, Pelatihan ini salah satu persiapan pelaksanaan perkuliahan tatap muka dengan sistem blended learning.

Akhirnya, baru begini yang dapat dikabarkan. Lain waktu, dilanjutkan lagi penjelasannya (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: