Semangat dan Gairah yang Mengagumkan

Dalam kehidupan ini ke hadapan kita sering diperlihatkan hal yang aneh. Satu sisi, kita saksikan orang melakukan salat lima waktu saja sulit. Bacaannya sudah diajarkan dan sudah hafal. Dorongan dari gurunya sudah sedemikian. Itupun kadang sudah melalui tempaan pembiasaan yang lama, namun salat itu kadang masih memperlihatkan roboh- roboh gedang.

Akan tetapi, di sisi lain kita kadang menerima suguhan menyenangkan dan mencerahkan. Ada orang yang sejak kecil; dirinya begitu menginspirasi: belajar ilmu begitu gampang nyantel, dalam pergaulan perhatiannya banyak tertuju ke kemaslahatan sesama dan dirinya seakan tidak terpikir, ibadah ritualnya begitu gencar, karyanya hadir dari waktu ke waktu seakan tanpa putus-putus. Orang umum bilang, “orang itu kok seperti tidak ada wudelnya.”

Ada semangat yang terbaca, juga gairah yang seakan tidak redup-redup. Kalau sudah terkait dengan Allah Swt, dirinya selalu ada. Namun, energinya selalu saja menunjukkan suatu stabilitas yang tinggi, sehingga bayangan surganya, dan prestasi kemudian sudah begitu tergambar di wajahnya. Dia jauh dari sebutan jannatun mu’ajjalah; seakan ahli surga dari seluruh tampilannya, pahadal hakikatnya dia pencoleng, penipu orang banyak dalam menyebar agama, juga punya mau di balik ketekunannya dalam aktifnya beragama.

Apakah sebenarnya semangat dan gairah mukmin yang mengagumkan itu? Kalau memang ada seperti apakah jenis-jenis perilakunya? Dapatkah gambaran itu kita aktualkan berdasarkan petunjuk Al-Qur’an dan atau Sabda Rasul?

(Semoga saya sehat setelah ini: Insya Allah tulisan ini segera dilanjutkan). 

66 thoughts on “Semangat dan Gairah yang Mengagumkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *