Dari Semarang Ke Secang Magelang Melalui Sumowono

Melakukan perjalanan menuju Secang Magelang dapat melalui tiga jalur, yang jauh, pertengahan, dan dekat.  Jika ingin melalui jalur jauh, dapat melalui tol Krapyak, terus ke tol Ungarang, baru melalui Pasar Ambarawa, terus menuju Secang. Jalur pertengahan, bisa melalui Jalan biasa melalui sebelah Terminal Cangkiran, terus ke Ungaran, Banyumanik, Ambarawa hingga sampai ke Secang. Sedang jalur pendek, dapat ditempuh dengan melalui Limbangan, Sumowono, Jambu, baru Secang.

 

Miris jalannya Mulus

Menempuh jalur pendek jauh lebih cepat dibanding dua jalur yang lain.  Jika melalui jalur lain memakan waktu sampai tiga hingga empat jam maka melalui jalur pendek bisa satu tiga perempat hingga 2 jam. Namun, jalur ini ternyata tidak mudah sekalipun jalannya sekarang sudah mulus.

Jalan yang dilalui paling tidak dalam tiga gambaran yang tidak sama dengan dua jalur yang lain. Model jalan yang pertama dalam jalur pendek ini, kebanyakan jalannya masih sempit-sempit. Sangat mepet walaupun bisa untuk berpapasan kendaraan roda empat. Padahal, selain berhadapan dengan roda empat, banyak sekali sepeda motor yang berjalan melalui jalan menuju Pasar Sumowono misalnya. Belum lagi kita berhadapan dengan ramainya pasar limbangan, kendaraan yang berhenti, dan masalah rumit lain.

Model jalan kedua adalah banyaknya tikungan berbahaya dengan model-model. Ada yang tikungan dari atas berhadapan dengan kendaraan yang naik. Ada lagi tikungan bawah-bawah menuju puncak tikungan di atas. Juga tikungan atas bawah atas. Tiga tikungan ini adalah jenis tikungan yang menurut hemat saya cukup berbahaya, yang menantang para pengemudi untuk benar-benar berhati-hati melintasi jalan menuju Sumowowo dan Sumowono menuju Secang.

Model ketiga, banyaknya lintasan yang meragukan, yang belum diberi tanda-tanda yang jelas.  Selain dua model jalan di atas, pada jalan ketiga ini cukup banyak tikungan yang meragunan dalam rangka menuju jalan yang dikehendaki. Karena tidak semua jalan tercukupi dengan tanda-tanda penunjuk jalan yang lengkap.

 

Mesin baik dan rem pakem

Berjalan di jalan terutama jenis ketiga ini memerlukan dipenuhinya persayaratan. Mesin baik dan lancar adalah persyaratan yang tidak dapat ditawar-tawar. Sebab, mesin yang lancar dan tidak mogok sangat membantu memperlancar perjalanan yang kita tempuh.  

Berikutnya, rem yang pakem adalah pendamping wajib dari mobil dengan mesin yang baik. Dua syarat ini adalah syarat yang tidak bisa diganti dengan yang lain. 

 

1820

1,820 thoughts on “Dari Semarang Ke Secang Magelang Melalui Sumowono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *