Hadis-Hadis “Musykilah” Seputar Pendidikan

Dalam studi hadis, dunia diperkaya dengan banyak data. Selain mendapatkan data utama dari Al-Qur’an — sebagai studi yang dijelaskan dan ditafsirkan — studi hadis mengandung banyak manfaat. Baik yang berkaitan langsung dengan Al-Qur’an, maupun yang berkaitan pengeluaran hukum tersendir dari Nabi saw, sesuai dengan wewenang yang diberikan oleh Allah Swt kepada Nabi saw. Dari situ, selain dapat mencarinya di dalam Al-Qur’an, umat Islam dapat mencari data keagamaan dari hadis. Termasuk data hadis yang berada di dalam bidang keilmuan tertentu seperti di bidang pendidikan.

Data hadis yang sudah banyak, tidak dapat lepas dari persoalan.  Ketika sudah nyata bahwa data hadis banyak, padahal data itu bisa saja mengandung hal-hal musykil yang menyebabkannya di dalam kehidupan, karena datanya juga diperlukan. Maka upaya menelitinya dengan benar, sesuai dengan kaedah-kaedah yang layak dipegangi di dalam kehidupan, maka hal ini layak kita teliti. Beberapa hasil penelitian sementara dari penulis akan dilaporkan secara periodik di dalam artikel ini. Itupun disampaikan secara ringkas, namun diusahakan tetap jelas.

Hadis-hadis yang menjadi sasaran penelitian akan ditelusuri hari demi hari. Hasilnya, akan dimulai dari hadis pertama, akan disampaikan sejak hari Jum’at pagi, 30 Agustus 2013. Dimulai dari hadis pertama, sampai hadis selesai sesuai dengan kebutuhan. Mohon doa restu dan masukan dari pembaca, semoga laporan ini bermanfaat bagi mengisi web tercinta ini (Erfan Soebahar).

105 thoughts on “Hadis-Hadis “Musykilah” Seputar Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *