Ngawali Salat Tarawih di Masjid Agung, Ngimami & Kultum di Baitul Huda dan MAJT

Suasana Salat Tarawih dan Witir pada Puasa Ramadhan di tahun 1442/2021 sekarang alhamdulillah berlangsung lebih longgar di banding tahun lalu, 1441/2020. Jika tahun 1441/2020 lalu penjagaan kesihatan di pelbagai tempat berlangsung dengan sangat ketat, sehingga masjid-masjid dan mushalla-mushalla kebanyakan tidak mendirikan salat tarawih dan witir secara berjamaah dengan alasan demi menjaga kesihatan para jamaahnya yang hal itu adalah ajaran agama kita bagi pemeluk-pemeluknya, yang kondisinya didahului dengan dikeluarkannya fatwa serta tausiyah MUI yang memberi petunjuk yang jelas dipahami.
Pada tahun 1442/2021 ini alhamdulillah, salat tarawih dan witir dapat saya laksanakan secara berjamaah yang dilakukan bersama Bapak Walikota dan Forkopimda di awal Ramadhan. Di Masjid Agung Kota Semarang, pada awal Ramadhan sempat dibuka oleh Bapak Walikota dan saya dimohon untuk mengisi Kultum pada awal puasa Ramadhan tahun 1442/2021 ini.

Ngimami dan Kultum di Baitul Huda & BAJT Semarang
Pada tahun 2021, saya alhamdulillah dapat bersama-sama masyarakat mengimami salat tarawih dan witir yang sekaligus juga mengisi kultum, terutama di hari-hari dimana saya tidak bertugas di luar lingkungan masyarakat yang terdekat dengan kami tinggal. Sejauh ini saya mengimami dan mengingi kultum di Mushalla Baitul Huda RT 02 RW 06, juga berkesempatan mengimami salat subuh di MAJT dan sekaligus mengisi Kultum Bakda salat Subuh.

Ngisi Kuliah dan Ceramah
Karena pergeseran antara tahun hijriyah yang masehi 11 hari pada setiap tahun, maka pada tahun 2021 dan diperkirakan juga dua tahun ke depan ketika saat bulan Ramadhan akan tetap berlansung perkuliahan baik S1 maupun S2. Dari situ, maka pada tahun 2021 ini saya di bulan Ramadhan mengisi kuliah S1 dan S2 hampir full.
Selain itu, masih berkesempatan mengisi Ceramah di Fakultas Hukum Untag Semarang dan mengisi ceramah Nuzulul Quran di depan forum PGRI Kota Semarang.
(Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: