Mengeshare Kajian Hadis Jum’at Subuh: Disepakati Via Youtube 1

Pada bulan April 2021, ada kerjasama yang diwujudkan via MUI, terutama berkenaan dengan cara bagaimana mengatasi pengajian yang sudah ditangani yang satu selama setahun ini terpaksa kosong tanpa diliburkan karena pandemi Covid 19. Yaitu Majelis Taklim Jamaah Subuh (MTJS) yang dikomendani Bapak Haji Mustain, yang sejak tahun 2004 menjadikan saya sebagai pengisi tetap materi pengajiannya di bidang ilmu tafsir dan hadis.

Jika pada masa-masa sebelumnya pengajian itu dilakukan pada setiap jum’at subuh, pada kesempatan ini baru diusahakan solusi, diisi dengan kajian di Youtube dengan memilih materi hadis dengan durasi waktu yang sederhana saja agar terjangkau oleh peserta yang cukup banyak namun cukup denhan waktu sederhana.

Disepakati di Materi HadisĀ 
Setelah materi Youtube terkumpul dicoba ngontak Bapak Haji Mustain, apakah materi yang banyak diminta oleh sejumlah peserta itu ngepas dengan yang sejauh ini dicarikan solusinya untuk pengisi waktu yang sementara ini dikosongkan mengingat kondisi pandemi Covid 19. Maka sontak Bapak Haji Mustain setuju dengan apa dan kapan mengisi pengajian itu segera dimulai dan mau mengisinya dengan materi apa?
Alhamdulillah, setelah kami menawarkan untuk sementara ini diisi dengan materi hadis yang dipilih secara selektif yang materinya dapat disajikan dalam waktu pendek, sekitar 10 menit.
Alhamdulillah, seperti yang dapat dilihat di Website MUI-Kota Semarang.ac.id, materi yang dimaksud dapatlah dimulai. Dan untuk pertama ini dibatasi lebih dahulu untuk mengisi 29 atau 30 materi hadis yang berkenaan dengan bidang akidah atau keimanan dan juga puasa Ramadhan dan Lailatul Qadar.

Waktu Mulai dan Detail Materi
Tanpa berpikir jauh karena waktu Ramadhan telah hadir di tengah-tengah kita, maka pengajian melalui Youtube pun kami mulai, dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan juga dengan menggunakan peralatan teknis yang masih sangat sederhana.
Pemaparan pun dijauhkan dari unsur-unsur yang bersifat rumit. Maklum para pesertanya terdiri dari mereka yang pada umumnya berudia di atas 40 tahun. Mungkin dari 200-san peserta itu, hanya sepertiganyalah yang di bawah usia 40-an, yang mengakomodasi dari pelbagai usia yang diikuti juga dari pelbagai organisaasi kemasyarakatan yang ada di Kota Semarang.

Materi pengajian di Youtube itu diapload dalam dua tahap, untuk materi yang diapload pertama adalah sbb ini:

1- Niat dan Pencapaian Keberhasilan.

2- Pokok Pondasi/Lima Prinsip Ajaran.

3- Ceramah Selingan: Agama (Islam) untuk Hidup yang Berhasil.

4-Muslim Hakiki/Sejati.

5-Menjamu Makan, Menebar Salam dan Mengasihi Sesama.

6-Beriman, Hidup Berjuang, dan Haji Mabrur.

7-Menyuruh Beramal yang Sesuai Kemampuan.

8-Beragama itu Mudah.

9-Tanda Iman: Dapat Menyinta Nabi di Atas Sekalian Muslim.

10-Imanlah Pengentas Ahli Neraka ke Surga.

11-Menampilkan Sosok Manusia Beragama.

12-Posisi Uggul dari Perasaan Malu.

13-Menghuni Neraka: Akibat Selalu Menyepelekan Pemberian dan Kebajikan.

14-Perbuatan Ala Jahiliyah yg Mesti Diluruskan.

(bersambung …)

356 thoughts on “Mengeshare Kajian Hadis Jum’at Subuh: Disepakati Via Youtube 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *