Doa yang Umum Dibaca Setelah Melakukan Salat Witir

Doa yang dibaca setelah salat witir biasa sesuai dengan daerah setempat. Ada pilihan dari doa-doa yang dapat dibaca untuk bakda salat witir, yang biasanya didahului oleh dzikir-dzikir tertentu yang layak untuk disiapkan. Di antara doa-doa adalah sebagai berikut ini.

Ditemukan di beberapa daerah di Jawa Tengah:

اَللهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ  الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النّ

اَللهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Ya Allah, Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, juga kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Di daerah Jawa Timur, di beberapa tempat ditemukan membaca doa ini:

اللهم تقبل منا صلاتنا، وصيامنا، وقيامنا، وقراءتنا، وردكوعنا، وسجودنا، وقعودنا،    وتسبيحنا، وتهليلنا، وتضرعنا، وتخشعنا، ولاتضرب بها وجوهنا يارب العالمين،          وياخير الناصرين برحمتك ياارحم الراحمين

Ya Allah, Tuhan kami, terimalah dari kami salat kami, puasa kami, qiyamullail kami, bacaan kami, rukuk kami, sujud kami, duduk diantara dua sujud kami, tasbih kami, tahlil kami, tadharru’ kami dan khusyuk kami. Dan mohon, tidak dipukulkan ke muka kami, ya Allah Penguasa semesta alam, Pemberi pertolongan yang terbaik, Berkat Rahmad-Mu Wahai Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. 

Demikian kutipan doa yang umum dibaca bakda membaca dzikir yang diucapan setelah menyelesaikan salat witir (Erfan Subahar).

3 thoughts on “Doa yang Umum Dibaca Setelah Melakukan Salat Witir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *