Memetik Manfaat Kehadiran Dosen di Kuliah Perdana
Bagi dosen yang memiliki kepedulian tinggi pada keberhasilan studi peserta didik, mengisi kuliah perdana merupakan kesempatan yang selalu disempatkan. Saat-saat mengisi kuliah perdana baginya tentu bukan saat yang mudah, karena selain menyangkut praktik kehadiran juga menyita mesti waktu sebelumnya ketika melakukan persiapan bagi penyajian kuliah perdananya. Namun, bagaimana pun baginya itu didudukkannya sebagai kesempatan emas bagi pengantar keberhasilan.
Kuliah: Mengatasi Kesulitan
Pada dasarnya mahasiswa mengikuti kuliah adalah berkenaan dengan mengatasi hidup ke depan yang akan dihadapinya. Kehidupan masa depan adalah kehidupan yang masih bening, bersih, penuh rahasia dan ketidakpastian, tetapi memiliki banyak kemungkinan dan harapan. Maka dari itu, masa depan bukan untuk ditakuti dan dicurigai melainkan lebih baik dihadapi dengan banyak persiapan. Salah satunya yang sangat penting, dengan persiapan ilmu pengetahuan.
Melakukan persiapan ilmu bagi ke depan dengan demikian menjadi penting. Prosesnya sudah tentu tidak sederhana, melainkan dengan memanfaatkan momentum yang akan dihadapi, persiapan menghadapi, dan menemukan trik-trik terbaik bagaimana agar ilmu yang akan dicarinya itu nanti dapat diperoleh dengan langkah maksimal dan kita benar-benar mampu melakukan prosesnya dan memperoleh keberhasilan sesuai dengan harapan.
Kelas berjumlah 25-37 mahasiswa lebih mudah mengkompakkan,
mengontrol dan mewujudkan target perkuliahan
Tips Mengelola Kuliah Perdana
Pembelajaran yang berhasil tidak akan lepas dari upaya melakukan cara-cara studi yang berhasil juga. Cara studi yang biasanya membawa hasil adalah bukan sema-mata pada penyajian materi yang diajarkan melainkan pada penyiapan pelaksanaan kuliah dan kesepakatan melakukan kontrak belajar antara mahasiswa dan peserta didik. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan mengikuti kuliah perdana dari dosen? Paling tidak lima hal berikut;
1- Saling tahu lebih awal pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran
Dengan memulai perkuliahan tepat waktu, kita dapat memiliki kepastian mengenai suasana perkuliahan sejak awal. Pada saat kuliah perdana sudah tergambar jelas siapa yang menjadi pengajar atau dosen dan siapa yang menjadi peserta didik atau mahasiswa kita. Sesuai dengan esensi pembelajaran, bahwa belajar adalah berbeda dengan pembelajaran, maka dengan begitu siapa lebih cepat mengenal dengan tepat siapa yang lain akan mempermudah interaksi berlangsung, sehingga akan memperlancar keberhasilan pembelajaran sejak awal mula perkuliahan berlangsung.
2- Saling terjalin ketahuan antara dosen dan mahasiswa
Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berlangsung dalam suasana bahwa pendidik tahu dengan tepat kadar pikir dari peserta didik yang dihadapi. Dan tentu akan benar-benar mantap, jika mahasiswa sebagai peserta didik juga mengetahui dengan jelas penguasaan ilmu pengajarnya yang akan mendampingi sajian ilmu selama berstudi dengannya. Sebab mahasiswa yang tahu dengan memadahi peta ilmu pengajarnya, dan dosen yang benar-benar tahu juga kadar keluasan peta kesiapan ilmu yang diajarnya akan mudah berinteraksi yang bagus dalam perkuliahan.
3- Mahasiswa dapat tahu lebih awal kerangka dan cakupan perkuliahan
Dosen yang sadar akan pentingnya mengerangkakan bidang studinya dan penyiapan cakupan kuliah yang ditanganinya, akan selalu dengan baik menyiapkan silabus dan SAP (satuan acara perkuliahan) yang disajikannya sejak awal perkuliahan. Dengan silabus yang tepat, tujuan dan target perkulaian jelas pencapaiannya, begitu pula metode dan strategi mengajar yang dipilih-nya mudah diketahui, sehingga makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa jelas juga pada daftar pustaka apa hal itu dapat diperoleh. Tentu bukan itu saja, dengan SAP yang diketahui sejak awal, maka rencana kerangka lengkap dari tahap ke tahap perkuliahan dapat dipahami dan dilaksanakan dengan tepat sejak awal pertemuan.
4- Dapat mempermudah kontrol berjalannya kontrak belajar
Selain kerangka dan cakupan perkuliahan, dengan melakukan perkuliahan perdana dengan baik dan sekaligus tepat waktu, maka satu kontrak belajar dapat ditetapkan dari awal. Sejak dari kehadiran kuliah yang ditolelir bersama, pakaian kuliah yang disepakati, sepatu atau jenis sandal yang bisa dipakai kuliah, bentuk makalah tugas, pengumpulan tugas, waktu-waktu penting yang disepakati dan tempat perkuliahan dalam kondisi-kondisi tertentu. Semua hal yang telah dibuat kontraknya sejak awal akan mempermudah pula mengontrolnya pada waktu-waktu pelaksanaan perkuliahan berikutnya.
5- Mempermudah melihat target belajar dari awal hingga akhir
Apa yang sudah diketahui dalam uraian di atas, semuanya mengantarkan kita pada kelancaran pembelajaran berlangsung dalam rangka mencapai target yang dikehendaki dalam tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Masalahnya, tinggal melihat adanya tekad dan kemauan serta kesungguhan dari pengajar dan peserta didik untuk melangsungkan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan seperti yang digariskan.
Dengan demikian, tekad, kemauan, ketekunan, dan kegigihan tinggal ditambahkan pada langkah-langkah di atas, untuk menjadikan pembelajaran dapat berhasil dengan baik. Namun, memulainya sejak awal dengan tepat waktu dan dilakukan dengan niatan yang benar dan baik lebih memiliki kegunaan yang besar. Sebab, langkah terbaik seperti apapun yang akan kita tuju mesti dimulai dari awal atau pertemuan perdana yang baik yang juga dipersiapkan dengan baik; hal itu pada akhirnya akan memudahkan mencapai titit capaian tertinggi yang optimum kebaikannya, insya Allah (Erfan S).