Menangani Pendalaman PPG Madrasah al-Quran Hadis 2021

Pada hari Senin 7 Juni 2021 para dosen di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Semarang memulai kegiatan PPG versi online penuh. Kegiatan ini pernah dilakukan pada waktu sebelumnya di 2020 yang lalu, dengan beberapa modivikasi dari apa yang kini berjalan. Kegiatan PPG secara online penuh kali ini diikuti oleh tiap-tiap guru dari pelbagai penjuru di tanah air untuk mendapatkan pembinaan. Bagaimana kegiatan PPG tahun 2021 dilaksanakan dan seperti apa model pembinaannya terutama pada dekade kegiatan pendalaman kali ini?

Aktivitas LMS
Kegiatan PPG yang dilaksanakan pada bulan Juni 2021 ini di FITK Semarang diikuti oleh sekitar 600 peserta yang berasal dari pelbagai tempat di Indonesia. Tiap dosen diberi tugas menangani peserta dengan jumlah yang tidak messti sama, dengan jumlah yang berkisar 15 orang peserta.  Pada dasarnya seluruh kegiatan yang diikuti meliputi tiga kelompok jenis kegiatan.
Pertama, Pendalaman Materi. Pada bagian ini peserta mengikuti (1) Pretest, (2) Resume (upload dan menilai), (3) Diskusi (membuat instruksi, berpendapat dan menilai diskusi), (4) Test Formatif (membuat soal dan mengerjakan), (5) Remedial (jika nilai akhir tidak mencapai passing grade), dan (6) Tes Akhir Modul. Kedua, Pengembengan Perangkat Pembelajaran dan PTK. Kegiatannya mencakup (1) Resume (upload dan menilai), (2) Diskusi (membuat instruksi, berpendapat dan menilai diskusi), (3) Tugas dosesen (membuat instruksi, mengerjakan dan menilainya), (4) Membuat jadwal dan menilai peer teaching, (5) Menilai Ujian Komprehensif, dan (6) Proposal PTK. Ketiga, PPL (Praktek Pengalaman Lapangan). Kegiatannya meliputi: (1) Menilai RPP dan Pendukung Pembelajaran, (2) Menilai Proses Pembelajaran, (3) Review RPP dan Pembelajaran, dan Praktik PTK dan Reviu

Belajar dan Ketrampilan Menulis Online
Kegiatan Pembelajaran semuanya berkenaan dengan aktivitas online. Adapun yang ditantang untuk dikuasai meliputi tujuh menu harian yaitu (1) Kontrak Kuliah, (2) Tugas Resume Modul, (3) Diskusi, (4) Tes Formatif, (5) Tugas Remediasi, (6) Materi Tambahan, dan (7) Revies Pretest.

Menguasai Format Model Penulisan
Dalam aktivits yang terakhir ini, peserta atau mahasiswa PPG tentu ditantang untuk benar-benar menguasai desain dan format penulisan berkenaan dengan tugas ini. Misalnya, bagaimana menulis yang benar dan baik karya tulis resume atau versi rangkuman atau ringkasan. Juga misalnya, bagaimana membuat pengantar diskusi dan menjawab diskusi yang baik. Demikian juga bagaimana membuat ikhtisar dari tulisan yang baik. Semua itu berkenaan dengan pembelajaran mesti mereka kuasai dalam proses pembelajaran selama berlangsungnya minimal materi pendalaman PPG.
Selain dapat menulis dengan format-format di atas, yang tidak dapat ditinggalkan tentunya adalah mengedit kegiatan. Karena mengapload kegiatan yang sekadar selesai tanpa dikemas, sama saja belum menjawab tantangan penulisan terbaik yang mesti dilihat oleh dosen dan tentu sekaligus pengelola yang akan berurusan dengan nilai lulus atau tidak lulusnya perserta dalam keseluruhan acara yang dilaksanakan di PPG ini. Maka mengadit dengan telaten karya-karya penulisan tidak layak dilewatkan bagi menyempurnakan optimalisasi nilai bagi mendongkak kelulusan peserta PPG ini (Erfan Subahar).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: