Meneliti Makanan-Minuman Versi Hadis Dalam Rahasia Sains

Saya bersama tiga orang dosen FITK UIN Semarang pada tahun 2015 mengadakan penelitian kelompok. Aktivitasnya berusaha mengangkat topik yang sejauh ini masih banyak dirasakan sebagai hal misteri; seperti sebagai rahasia di kalangan umat Islam, terutama dilihat dari perspektif sains. Makanannya sudah sering berada di depan kita, sudah tertuang dalam teks sabda atau ungkapan hadis Nabi, yang sering menjadi teka-teki tentang kenyataan yang datanya sudah ada sejak 1500 tahun yang lalu akan tetapi rahasianya belum terungkap.

Bisa jadi ada makanan yang sudah jelas data dan hukum; bisa jadi juga ada yang sudah jelas datanya tetapi tidak jelas hukumnya; bisa jadi juga jelas datanya tetapi tidak tertangkap hukum dan rahasianya. Bisa jadi ada datanya, tetapi sukar dinalar dari kenyataan yang ada, akan tetapi sekarang sudah ada perspektif baru sains yang jelas mengenainya yang bisa dijadikan wahana untuk menguak rahasianya.

 

Proposal Nominasi dan Pencarian Data

Dengan telah dibentangkan pokok-pokok isi proposal pada hari Jum’at 27 Maret 2015, yang kemudian diberi masukan bersama maka hal itu sudah berarti lampu hijau tentang proses perlu segera merealisasikannya. Setelah jelas, tentu data tulisan ini layak ditambah informasi bagi kelengkapannya (Erf)

1027

1,027 thoughts on “Meneliti Makanan-Minuman Versi Hadis Dalam Rahasia Sains

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *