Mengatasi Keruwetan Progres Administratif dengan Seleksi, Klasifikasi dan Fokus Diri

Mengatasi pemenuhan persyaratan administratif bagi suatu kenaikan pangkat yang mencakup data tahunan bukan merupakan langkah yang mudah dilakukan. Apalagi data yang dikumpulkannya itu berupaka data dari beberapa tahun yang harus dikumpulkan bagi terpenuhinya suatu persyaratan yang mesti dipenuhi, jelas bukan hal yang mudah. Hal ini saya alami sendiri ketika memproses aktivitas yang sempat tertunda di tahun 2014 karena suatu yang menjadi tugas ini belum tuntas diselesaikan ketika itu. Maka setelah beberapa tahun tertunda, di tahun 2021 ini data dimaksud dikumpulkan dari tempat yang terpisah di pelbagai tempat.
Namun, dengan ketekunan yang penuh kesungguhan akhirnya bisa terhimpun walau proses melakukannya dengan kerja ektra luar biasa di usia kepala enam ini.

Mengumpulkan dan Menyeleksi
Mengatasi tugas lama yang harus dikumpulkan menjadi satuan-satuan yang lengkap perlu dilakukan dengan pertama-tama mengumpulkan semua dokumen yang sudah berserakan di pelbagai tempat itu. Dalam tugas yang seperti, ingatan kuat terhadap data lama yang sudah pernah diperoleh baik kapan waktu memperolehnya maupun di mana data itu di masa itu kita peroleh seperti makalah, artikel, buku, surat permohonan, sertifikat atau piagam, merupakan hal yang penting. Pada saat mengumpulkan data, ingatan terhadap waktu dan tempat data dimaksud diperoleh merupakan hal penting yang dapat membantu proses pengumpulan dan pengenalannya kembali, sebelum ia diproses seleksi apakah ia relevan dengan yang diperlukan ataukan tidak diperlukan.

Klasifikasi umum ke Khusus
Setelah penyeleksian, maka mengklasifikasi sesuai dengan kelas data adalah pekerjaan awal kendatipun baru merupakan mengumpulkan data-data yang masih dalam konteks yang bersifat umum. Setelah semuanya terkumpul, baru ia diambil langkah khusus dengan menggunakan  cara-cara yang benar-benar mudah dilakukan.

Fokus Membuat Lengkap
Pada pekerjaan yang relatif berat demikian, tentu perhatian tidak boleh terpecah kepada pelbagai urusan. Namun, benar-benar perhatian harus dijuruskan pada suatu kesatuan langkah, yakni membuat lengkap data yang harus dikumpulkan secara lengkap yang nanti akan diklasifikasi dengan benar, walaupun datanya begitu banyak. Maka, benar-benarlah semuanya kegiatan ini menyatu dalam satuan aktivitas.
Untuk hal yang seperti ini, bahkan saya mengambil langkah, minta izin untuk tidak hadir dalam suatu suatu kegiatan, supaya tugas yang mesti selesai ini benar-benar terkumpulkan dengan lengkap dan wujud seperti yang dikehendaki.

Demikian antara lain langkah-langkah taktis yang bisa dilakukan ketika data tahun 2007 dikumpulkan lengkah hingga di tahun 2021. Masa begitu lama tahun, ternyata dengan siasat pas dan langkah-langkah yang sungguh-sungguh bisa menjadi kenyataan. Bagaimana hal itu semua, akhirmnya menjadi kenyataan, kita tunggu saja kisah berikutnya setelah kerja keras ini (Erf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: