Mengelola Data Tertata Rapi, Adakah Cara yang Cekatan?

Menghadapi data yang sudah begitu banyak perlu tindakan yang bijak. Data yang berjibun apalagi, tidak cukup hanya asal diletakkan di dalam almari besar agar aman tidak kemana-mana atau tidak hilang. Akan tetapi perlu dikelola dengan baik. Diletakkan di suatu tempat secara rapi, melalui pertimbangan yang direncanakan. Dengan menata dan mengelolanya secara rapi, maka banyak manfaat yang akan diperoleh, antara lain kita tidak akan stress berhadapan dengan data. Bagaimana langkah-langkah yang tepat dalam menangani data yang dari tahun ke tahun tidak pernah dapat ditangani secara baik. Apakah anda termasuk orang yang mengalami problema berkenaan dengan data yang membludak? Tidak usa khawatir anda tidak sendiri. Tips di bawah ini baik juga dipertimbangkan penggunaannya.

 

Klasifikasi Sederhana

Sebanyak apapun data yang dimiliki, perlu dihadapi dengan solusi yang meringankan. Misalnya, bagi tenaga pengajar di perguruan tinggi, mengklasifikasi data yang begitu banyak kepada empat macam adalah di antara cara menangani kegiatan secara bijak. Karena tugas kita berhadapan dengan tri dharma perguruan tinggi, maka data yang dihadapi cukup dibagi kepada empat bagian, dengan rincian penopangnya yang cukup dima sukkan kepada salah satu dari empat itu. Secara berturut-turut klasifikasi itu cukup dibagi sebagaimana di bawah ini.

Pertama, dikjar yaitu kependekan dari pendidikan dan dan pengajaran. Keduapenelitian yaitu berkenaan dengan proses melakukannya hingga menyelesaikan pelaporan sekaligus menulis artikel di jurnal.  Ketiga, pengabdian yaitu mencakup hal-hal yang diabdikan oleh dosen kepada masyarakat. Keempat, penunjang yaitu segala aktivitas yang menunjang keberlangsungan kegiatan dari nomer satu hingga nomor tiga. Dengan mengklasifikasikan kepada empat kelompok, maka pikiran yang awalnya tidak menentu menjadi semakin ringan. Tinggal mengisikan rinciannya di dalam kelas-kelas di bawahnya, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang sekarang banyak tersedia.

Selain model di atas, tentu masih banyak klasifikasi yang dapat dipakukan, berdasarkan kebutuhan kita masing-masing sesuai dengan bidang kerja atau profesi yang kita tangani. 

 

Empat Buku 

Dilihat dari bahan-bacan tercatat yang dapat ditangani, maka dengan klasifikasi di atas dewasa ini dapat diandaikan untuk dimasukkan menjadi empat buku. Masing-masing dari detail data itu dimasukkan secara rapi pada tiap-tiap buku yang memuatnya. Secara praktek, kemudian empat buku itu tinggal menggunakan aplikasi apa yang akan kita pilih.

Pertama Buku Dikjar

  • Mengajar program S1, misalnya 2 kelompok: sk, jadwal, silabus, dll 
  • Mengajar program S2, misalnya 1 kelompok: sk, jadwal, silabus, dll
  • Membimbing skripsi, surat penunjukan, jadwal monaqasyah, berita acara, dll
  • Menguji S1, UTS – UAS, menguji komprehensif, skripsi, tesis, disertasi, dll 

Kedua Buku Penelitian

  • Proposal penelitian, progress laporan, penyelesaian laporan
  • Artikel Jurnal,
  • Buku yang sudah dimodifikasi dari hasil laporan

Ketiga Buku Pengabdian

  • Ceramah dalam pelbagai acara perguruan 
  • Mengisi pengajian di masjid-masjid
  • Khutbah: jum’at, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, dll
  • Menduduki kepengurusan organisasi sosial keagamaan, dll
  • Mengisi pelatihan, penyuluhan, dll 

Keempat Buku Penunjang

  • Keanggotaan dalam senat universitas
  • Menangani perwalian, sebagai wali studi
  • Dan lain-lain

 

Aplikasi Praktis

Apa ada aplikasi yang dapat menangani data yang cukup banyak itu? Dewasa ini, sudah banyak aplikasi yang memberi bantuan kepada kita untuk mengelola data baik yang secara gratis maupun yang berbayar. Masing-masing dari aplikasi itu membantu kita dalam rangka menuntaskan data yang kita miliki, dari data yang berkenaan dengan pekerjaan harian, hingga data yang dimiliki yang cukup banyak, yang telah kita miliki. Namanya pun cukup banyak seperti Color Note, Evernote, One Note, dll. Aplikasi itu ada yang bisa didownload di playstore ada juga yang dapat diinstall ke lapotop dari pelbagai penyedia di google dll.

Dengan mengelola data menggunakan klasifikasi yang jelas yang sebelumnya diproses dengan benar menggunakan aplikasi yang tersedia maka aktivitas mengelola data dalam jumlah yang banyak akan dapat dilakukan secara lebih ringan: lancar, mudah, dan sukses. Anda sudah melakukannya? (Erfan Subahar).   

 

1 thought on “Mengelola Data Tertata Rapi, Adakah Cara yang Cekatan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *