Sehat, Bugar dan Tentram Pada Usia Senja, Dapatkah Diikhtiarkan?

Menjaga diri tetap sehat dan bugar sehingga membuat diri lebih tentram di masa tua, layak diusahakan. Untuk itulah banyak ikhtiar yang dicari oleh berbagai kalangan guna menyiapkan diri dapat tetap sehat sekalipun usia sudah lanjut. Nah, adakah sebenarnya usaha atau ikhtiar yang sudah teruji ke arah itu? Sukar untuk menjawabnya dengan suatu jaminan untuk mengatakan ya. Akan tetapi, jika itu kita coba dulu dan pas, lalu dengan keyakinan akan lebih mantap untuk terus berusaha dengan jurus-jurus yang kita punya maka ada jawaban ya untuk anda. Mau mencoba?

 

Delapan Jurus Siaw Lim Pay

Untuk mencoba ikhtiar hidup sehat gratis yang pernah juga dicoba oleh orang lain, siapa tahu hal itu cocok bagi kita, di sini baik dicoba apa yang saya dikirimi oleh kawan-kawan yang sama mencoba dan ternyata banyak yang merasa pas. Nama jurusnya adalau Siaw Lim Pay (Pat Jiu Siaw Lim). Menurut yang sudah merasakannya, jurus ini dapat membuat diri kita sehat dan hati tentram bila dilakukan setiap hari, terutama bagi yang sudah berada di usia sepuh-sepuh. Jurus itu lengkapnya sebagai berikut:

Setelah bangun tidur pagi, jangan langsung ke kamar mandi. Lakukan dahulu senam delapan (8) menit di kamar tidur kita. Ya, senam sehat ini memerlukan waktu sekitar itu saja. Senam ini menurut yang mencobanya ternyata berguna untuk memperkuat berbagai organ tubuh dan mencegah penyakit pembuluh darah otak dan jantung :

Pertama, di tempat tidur balak-balikan badan selama 1 menit.
Prakteknya: miringkan badan kita dalam keadaan tidur ke kanan dan ke kiri dengan perlahan-lahan, lakukan dengan baik dan santai. Cara ini memiliki manfaat untuk melenturkan otot pinggang dan otot tulang belakang.

Kedua, pijat daun telinga kanan kiri selama 1 menit sampai terasa panas.
Yang layak diketahui, bahwa daun telinga itu mempunyai banyak acupoint yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh., sehingga melalui memijat-mijat daun telinga ini, dapat melancarkan “qi meridian“.  Nah, manfaat dari pijat telinga kanan kiri setelah bangun tidur pagi ini, terutama bagi yang memiliki penyakit tua gejala telinga sering mendenging, mata kanan kiri sering berkunang-kunang, dan sudah sering atau mudah lupa umumnya dapat dijawab dengan khasiat pijat telinga ini.

Ketiga, putar bola mata.

Bola mata adalah alat yang sangat mahal untuk menikmati dunia ini. Dengan mata sehat, sekalipun sudah tua, semua hal dapat dinikmati. Prakteknya: selama 1 menit lakukan senam mata ini, dengan memutar bola mata kita searah jarum jam; setengah menit arahkan ke kanan dulu, baru setengah menit kemudian diarahkan memutar bole mata kita ke kiri. Manfaat melakukan cara ini, menurut yang sudah mencoba adalah dapat melatih otot mata kita menjadi kuat dan dapat membuat mata kita menjadi dapat melihat lebih terang.

Keempat, pada muka kita.
Pada muka kita banyak hal yang pada masa muda tidak sempat kita ajak senam atau dirawat. Nah, ada tiga hal penting dapat ditangani pada muka kita. Prakteknya: (1) Pijat hidung kita selama 1 (satu) menit; (2) Gatuk-gatukkan gigi kita selama 1 menit, manfaatnya cara ini dapat menyehatkan gigi, khususnya akar gigi kita; dan (3) Putar-putarlah lidah kita selama satu (1) menit, karena bermanfaat untuk membuat lidah tidak kaku dan juga melatih kepekaan lidah kita.

Kelima, usaplah pusar kita.
Sehabis tidur, jangan dilupakan silakan mengusap-usap pusar kita selama 1 (satu) menit.
Prakteknya: usaplah pusar kita secara melingkar, dengan kedua telapak tangan kita secara bergantian. Lingkarannya dibuat agak lebar sampai sekitar 4 (empat) jari di atas dan di bawahnya. Cara demikian memiliki manfaat: dapat berdampak positif bagi pencernaan dan organ dalam (lweekang/chikung).

Keenam, kempiskan perut dan tahan dubur. 
Setelah tidur pagi juga, selama satu (1) menit, sempatkan melakukan senam cara ini. Prakteknya: dengan berulang kali mengempiskan perut, diikuti dengan mengangkat atau menahan dubur kita. Senam dengan cara ini
di samping dapat memperbaiki fungsi seksual kita juga dapat mencegah terkena wasir dan beser kencing.

Ketujuh, duduk lalu sisir dan garuk kepala.
Setelah melakukan enam jurus senam di atas, lanjutkan lagi jurus ini. Prakteknya: lakukanlah dengan duduk, lalu dengan menggunakan jari tangan berbuatlah selama 1 (satu) menit. Menyisir kepala dimulai dari kening atau jidat, gerus ke belakang sampai dengan batas rambut belakang. Lakukan cara ini merata hingga ke seluruh kepala.
Manfaat jurus ini dapat melancarkan peredaran darah di kepala, dapat menambah volume darah di otak, dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah otak, serta dapat mecegah “stroke”.

Kedelapan, pijat telapak kaki. 
Dalam satu menit terakhir, gunakan waktu kita untuk memijat tumit. Prakteknya: gunakan tumit kita untuk memijat-mijat telapak kaki kita secara bergantian. Manfaat dari melakukan jurus ini adalah dapat membuat telapak kaki kita terasa hangat, dan dapat memperkuat “limpa” kita.

Demikian senam delapan jurus, yang bisa dilakukan setelah kita bangun pagi, sebelum ke kamar mandi. Penulis mendapatkan ini dari kontak dengan teman-teman yang sama tua, dengan bahasa yang terlalu singkat. Setelah penulis susun lagi tata bahasanya, sehingga mudah dihapami, barulah jurus-jurus ini saya hiddangkan kepada para pembaca. Semoga bermanfaat (Erfan Subahar).

 

1 thought on “Sehat, Bugar dan Tentram Pada Usia Senja, Dapatkah Diikhtiarkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *