Teknik Menghafal Pelajaran Bahasa

Entah apa yang menjadikan guru saya asal Sumatera itu begitu dikenal para murid di sekolah kami doeloe. Bapak Ahmad Nasution itu kalau mengajar begitu menyenangkan. Pak Nasution, begitu beliau dikenal luas, dengan trik-trik mengahafalnya menjadikan  kawan-kawan di SMP Negeri I Bondowoso itu pada keranjingan kalau belajar Bahasa Indonesia. Kata-kata inti pun gampang dihafalkan. Apa saja trik mengajar guru kita itu?

Karena diajar selama setahun, maka begitu banyak trik menghafal beliau yang kita kenal. Selain SPOK (Subyek, Predikat, Objek, dan Keterangan), Pak Nasution, punya singkatan panjang pelajaran yang tak mudah lepas dari ingatan  hingga sekarang.

Misalnya beliau menyampaikan singkatan berikut ini: Benkerkeket Ganbildep Samsanser. Sinkatan apakah ini, dan bagaimana rinciannya? “Anak-anak, ketika kalian belajar Bahasa Indonesia, jangan kalian lupakan 10 hal penting ini!” tegasnya.

“Dan kalau kalian tetap menghafalkannya, maka kalian akan menjadi anak yang dapat memiliki pengetahuan yang berguna,” begitu beliau meyakinkan.

Benkerkeket Ganbildep Samsanser 1- Ben: kata benda; 2- Ker: kata kerja; 3- Ke: kata keadaan, 4- Ket: kata keterangan; 5- Gan: kata  ganti; 6- Bil: kata bilangan; 7- Dep: kata depan; 8- Sam: kata sambung: 9- San: kata sandang; dan 10- Ser: kata saru.

Seperti biasa, Pak Nas ketika mengajar mesti didahului dengan menyajikan paparan yang mudah dicerna dan dipahami dari pelajaran terdahulu. Dan setelah selesai memaparkan, beliau suka memberi kata-kata ringkasnya dengan kategori-kategori yang memudahkan para siswa menguasainya. Semoga menemoteknik ini manfaat (Ebabahara).

Leave a Reply

Your email address will not be published.