Ungkapan Hikmiah Ke-36

361- Sikap adalah perbuatan yang berdasar pada pendirian dan keyakinan. Maka sikap muslim yang ideal adalah tampilan akhlak karimah dan rasa kasih bagi sesama sebagai cermin dari rahmat bagi hidup maslahat di alam semesta (Erfan S).

362- Sikap muslim yang mesti tercermin dari pandangan hidup yang diyakininya cukup banyak, antara lain adalah jujur, disiplin, tekun, bertanggung jawab, sabar, tenang, dan istikamah dalam melakukan amal-amal baik (Erfan S).

363- Hidup dan mati adalah pelajaran dalam kehidupan. Melalui hidup, amal-amal salih dapat dilakukan sebagai bekal hari kemudian, sedang dari mengalami bangkit dari kematian sudah diajarkan dari tidur dan bangun tidur sehari-hari selama kehidupan kita (Erfan S).

364- Al-Qur’an dan Hadis adalah peta bagi kehidupan. Kategorinya jelas meliputi bidang akidah, ibadah, muamalah, atau syari’ah dan akhlak sehingga tinggal menyikapi dengan tepat dan merealisasikan bagi kehidupan yang berhasil (Erfan S).

365- Maha suci Allah, yang langit adalah ‘arasy-Nya, bumi hamparan-Nya, laut pijakan-Nya, neraka kuasa-Nya, surga kasih-Nya, alam kubur kepastian-Nya, udara bebas rokh-Nya, kepada Allah jua kembali semua makhluk (Erfan S).

366- Usia tersimpan dalam diri adalah serapi rokh bagi jasad, hanya Allah yang Maha Mengetahui tentangnya. Namun, di tangan orang yang tetap menjaga ilmu, kesihatan, dan istikamah yang potensial hidup berusia panjang (Erfan S).

367- Cita-cita manusia lebih jauh rentangnya dari usianya, sedang pertumbuhan usianya selalu berhadapan dengan kendala masing-masing, jika bisa diatasi lolos dan jika bisa diatasi lolos (Erfan S).

368- Pelajaran penting dari ibadah hari raya Idhul Adha, bahwa hidup berhasil adalah kemampuan manusia untuk tetap beriman dan bertaqwa dalam kondisi apapun dan menyatakan kesyukuran dengan harta secara tepat guna di jalan Allah (Erfan S).

369- Di Indonesia, Idul Adha tahun 2014 dirayakan hari Ahad, 5 Oktober. Hari Arafah di Saudi jatuh pada hari Sabtu. Namun, di Mekkah wukuf atau haji akbar jatuh pada hari Jum’at. Di situlah, semakin jelas kepada kita bahwa penentu haji akbar, antara lain penguasa Saudi Arabia, yang punya pertimbangan politis di bidang keamanan (Erfan S).

370- Bersilaturahmi ke orang tua, ayah dan ibu yang masih ada, berarti berkunjung ke pusat keluarga yang darinya membawa dapat membawa suasana teduh suasana dalam keluarga kita, menentramkan hati dan pikiran, yang mendekatkan diri kita ke suasana aman, sejahtera, dan bahagia (Erfan S).

986 thoughts on “Ungkapan Hikmiah Ke-36

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *