Ungkapan Hikmiah Ke-37

371- Mendudukkan anak di pelaminan berarti menjadikan anak resmi dalam keluarga baru. Momennya adalah wahana bersedekah atas nama keluarga, atau forum sedekahan agar keluarga baru sehat, sejahtara, bahagia, bukan forum mencari untung sekalipun dikemas dalam acara ngunduh mantu (Erfan S).

372- Hidup benar-benar eksis bila melalui tiga tahap. Berawal dari iman mantap yang berproses dalam takwallah, melakukan disiplin harian secara istiqamah dan penuh kesungguhan, serta selalu tawadhu, jauh dari sombong karena sifat tersebut adalah milik Allah, tidak dibenarkan bagi hamba-Nya (Erfan S).

373- Memimpin adalah suatu tugas hidup. Manakala diri sudah bersiap yang terbaik memimpin diri dan komunitas kita, sedang kepercayaan sudah dipercayakan ke pundak kita menerima amanah mimimpin, sejak itu kekuatan memberi layanan memimpin dan memakmurkan dunia layak dipenuhi karena Allah (Erfan S).

374- Suatu penomena menarik di tingkat dunia, dunia kemaritiman Indonesia kembali menggeliat kuat di muka bumi, setelah tidur panjang menyaingi Ashhabul Kahfi r.a., sedang pengendalinya  adalah wanita kuat yang menjalani hidup dari bawah hingga paras atas dan berasal dari lulusan tingkat pertama (Erfan S).

375- Tiga UIN diresmikan di awal pemerintahan Presiden Joko Widodo; IAIN Walisongo salah satu yang beroleh berkah ini. Ke depan, semoga UIN ini dipimpin guru besar yang berhati tulus; suka merenovasi diri untuk membina kampusnya; suka berdoa agar sehat, salih, selamat, dan unggul; dan dia dari produk Walisongo (Erfan S).

376- Tantangan yang dijawab menjelang berdiri UIN Walisongo adalah FEBI. Fakultas ini ke depan mencetak sarjana muslim yang menjadi pelaku dan arsitek bisnis manusiawi dan islami, yang gigih dan kuat berusaha sampai kaya tetapi hidup sederhana, sebab harta adalah milik Allah sedang kita yang menjalankan amanat (Erfan S).

377- Administrator adalah salah satu tugas pendidik. Jika dosen diminta melengkapi dokumen  diri oleh tim PUPNS, maka hal itu layak dipenuhi, karena itu mestinya sudah ada di bank data dosen; sejak identitas pribadi, identitas keluarga, riwayat pendidikan, sk kepangkatan, sk jabatan fungsional, serta sertifikat pelatihan, semua tinggal ngopi dari dokumen kita (Erf S).

378- Rasa adalah anugerah Allah yang vital bagi kehidupan, sehingga perlu dipelihara dan dijaga pertumbuhannya. Tanpa memiliki rasa dapat hilang sifat kemanusiaan kita. Rasa yang layak ada itu misalnya rasa sedih, malu, senang, susah, sakit, bangga, puas, gagal, takut, dihargai, dan masih banyak lagi (Erfan S).

379- Nabi Muhammad saw adalah Nabi akhir zaman yang memiliki misi rahmat bagi seluruh alam. Misi itu tentu tidak dapat dipandang selesai hanya dengan berpisahnya rukh dari jasad Nabi Muhammad, sebab salawat atasnya terus dipanjatkan Allah, para malaikat, dan segenap mukmin, bahkan doa setelah adzan pun senantiasa kita baca untuknya (Erfan S).

380- Tujuan Nabi Muhammad saw dilahirkan terbaca dari indikator pribadinya; sejak lahir sudah terkhitan, tampilan diri sejak tamyiz hingga masa kerasulan adalah al-amin, shiddiq, amanah, tabligh, fathanah, sehingga memperbaiki akhlak dan budi umat adalah tugasnya, sedang shalat dengan fokus di Baitullah adalah tugas fardhu ain umat sesuai yang dipraktekkannya (Erfan S).

1376

1,376 thoughts on “Ungkapan Hikmiah Ke-37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *