Aktivitas Mendesak Dituntaskan, Menjelang Ramadhan

Pada setiap menjelang datang puasa Ramadhan, kita setiap tahun sering berjumpa beberapa aktivitas yang minta ditangani. Dan itu, biasanya datang seperti mendesak-desak, hingga membuat kita dalam menanganiniya terkesan kemerungsung. Padadal, jika dengan cermat dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, hal itu akan membuat kita dapat menanganinya dengan tenang, sehingga kegiatan bisa berlangsung dengan lancar dan sukses, tanpa menguras energi yang tidak layak dikuras secara tidak semestinya.

 

Aktivitas di Pertengahan Sya’ban

Beberapa aktivitas yang biasa datang dan minta ditangani menjelang datang puasa Ramadan, di antaranya dapat dirinci sebagai mana berikut:

1- Kegiatan Akhirus Sanah di Madrasah dan Pondok Pesantren. Menjelang datang Ramadan, terutama ketika berada di minggu-minggu seputar menjelang datang Nisfu Sya’ban, para pengelola madrasah dan pondok pesantren biasanya berpikir keras bagaimana mengakhiri pelajaran yang berlangsung sepanjang tahun, yang segara akan bersambung dengan masa liburan dalam konteks menjalankan puasa Ramadana. Tidak sedikit bahkan, sejumlah pondok, sudah mulai mengadakan atau membuka pengajian Ramadhan menjelang datang Nisfu Sya’ban, agar beberapa hari sebelum hari Raya Idul Fitri datang, aktivitas pengajian yang diselenggarakan oleh pondok pesantran itu sudah khatam.

2- Perkuliahan di Kampus-Kampus Perguruan Tinggi.

3- Penyambutan Organisasi Sosial Keagamaan Menjelang Datang Ramadan

4- Dugderan di Semarang

5- Pengajian Kitab di Beberapa Pondok Pesantren

6- Aktivitas Tahunan Masjid dalam Menyambut Datang Ramadan

7- Halaqah dan Kelompok-kelompok Kajian Keislaman

8- Institusi yang Peduli Terhadap pemirsa yang Menjalankan Puasa Ramadan

9- Pemerintah dan Masyarakat yang terlibat dalam poleksosbud dalam kontek Ramadan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.