Amal: Kategori Ke-3 Ungkapan Hikmiah

Kategori Ke-3 adalah amal. Ada 17 ungkapan hikmiah yang akan dipaparkan dalam konteks amal ini, sebagai berikut ini:

  1. Melakukan suatu kegiatan dengan ikhlas berarti melaksanakan suatu yang melegakan Tuhan, yang membuat diri kita bahagia. Walau yang kita lakukan tidaklah seberapa, namun prilaku itu sudah menebarkan aroma surga (Erfan, 19-9-2013).
  2. Capaian hidup yang abadi adalah yang bisa ditorehkan di lembaran tertulis, baik buku atau prasasti, laksana kitab suci dan himpunan sabda para nabi (Erfan S, 26-9-2013)
  3. Kalau kita ingin mengabadikan nama, maka bisa dengan menulis atau menjadikan diri kita ditulis, sebab hal itu adalah alat pengabadi nama dalam peradaban manusia (Erfan S, 27-9-2013).
  4. Perangkat modern handphone, tablet, android dan laptop ke depan dapat menjadi alat kerja handal untuk penerbitan buku dan media pembelajaran lain, naik ke tingkat yang tak terhingga bagi peningkatan kehidupan (Erfan, 28-9-2013).
  5. Kesibukan dapat membuat kita lupa menulis. Kesibukan dapat berupa mengumpulkan data laporan, mikir penyiapan mantu, finishing rehab rumah, terus mengisi pelatihan dan mengisi kuliah yang ditinggal untuk bertugas ke tempat lain (Erfan S 1-12-2013).
  6. Selamat berlibur di Hari Natal ini, senangkan hati dengan tersenyum simpul, setelah seharian kita bekerja keras melaksanakan tugas-tugas keluarga, negara, dan agama (Erfan S, 26-12-2013).
  7. Apabila seseorang sudah tahu materi dan cara memecahkan sesuatu, disertai interpretasi yang memadai, maka itulah perilaku cerdas, sehingga layak dinilai baik (Erfan S, 7-1-2014).
  8. Apabila seseorang tahu materi dan cara memecahkan sesuatu, disertai pemahaman dan interpretasi yang baik maka itu perilaku cerdas, yang layak dinilai amat baik atau amat memuaskan (Erfan S, 8-1-2014).
  9. Apabila orang sudah tahu materi dan cara memecahkan sesuatu dengan amat baik, pemahamannya mendalam serta kemampuan inter-pretasinya adalah orisinal maka itulah perilaku yang sangat cerdas, sehingga tepat dinilai istimewa /cumlaude (Erfan S, 9-1-2014).
  10. Melakukan suatu pekerjaan pilihan dengan baik, jujur, dan ikhlas karena Allah di lingkungan negeri maupun swasta adalah ibadah (Erfan S, 16-1­2014).
  11. Rasul saw menunjukkan pada kita bahwa Allah mewajibkan kepada kita berbuat ihsan ‘terbaik’ dalam segala sesuatu. Contohnya, ketika menyembelih hewan yang terbaik adalah tajamkanlah pisaunya dan sembelihlah hewan tanpa disiksa (Erfan S, 1-2-2014).
  12. Di antara etika yang terlarang bagi hewan sebelum disembelih, adalah mengikat kaki ayam laludirenteng bersama beberapa ekor ayam lain lalu digantung bersama di boncengan sepeda motor dan perlakuan keji lainnya, baru kemudian disembelih (Erfan S, 2-2-2014).
  13. Suka memberi membuat orang bahagia, sebab aktivitasnya menye-jukkan hati penerima. Ketika hati sedang kering, memberilah solusinya; namun ketika pihak lain member terimalah dengan se-nang hati, sebab pemberi butuh penerima yang gembira (Erfan S, 18-2-2014).
  14. Bingkisan berharga tidak selalu berupa uang atau bungkusan benda. Perhatian yang tulus, percakapan lembut, nasihat, persetujuan, dan kerjasama adalah bingkisan menarik. Kita yakin banyak pribadi yang mampu menghadiahkan bingkisan hingga ke tempat jauh di sana (Erfan S, 19-2-2014).
  15. Menanam pohon adalah tindakan yang menolong. Penanamannya tergolong sedekah sebab mengeluarkan oksigen di waktu siang, dan buahnya menjadi santapan. Apabila dimakan hewan, maka itu dinilai sedekah bagi penanamnya sampai pohon itu tumbang (Erfan S, 21-2­2014).
  16. Banyak cara bahagia melalui investasi. Memberi beasiswa dan mem-berdayakan kegiatan sosial adalah investasi yang membahagiakan. Jangan berharap terima kasih segera, tapi yakini kita telah meletakkan perbuatan membahagiakan via investasi (Erfan S, 27-2-2014).
  17. Menanam modal adalah suatu cara hidup yang menghasilkan uang dan jaringan dengan cara menolong atau meringankan beban pihak lain, baik perorangan maupun institusi yang manfaatnya mampu jauh ke depan (Erfan S, 7-4-2014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: