Apa Yang Bisa Ditulis dan Tak Bisa Ditulis di Blog

Ada dua keinginan dari penulis blog ini untuk di-share-kan kepada segenap pembaca yang terhormat. Yaitu bagaimanana penulis dapat tetap menulis 17 tulisan (artikel, berita, khazanah, Islamuna, kunjungan, dan hikmiah) pada setiap bulan, dan bagaimana mengatasi keinginan tetap konsisten Istiqamah menulis pada setiap bulan agar sepanjang bulan bisa tetap hadir dalam wujud tulisan tanpa kurang satu atau dua pun dari tulisan.

Pertama, untuk mengatasi yang pertama setiap hari sejak awal bulan hingga akhir bulan selalu disempatkan menulis; setidaknya dalam seminggu tidak sampai ada yang rubrik yang kosong. Apa yang sudah cementel di pikiran untuk ditulis, begitu duduk di tempat yang siap menulis langsung suatu gagasan ditulis, tanpa dipikir jauh-jauh lagi. Jika waktunya tidak cukup, suatu artikel atau tulisan disempurnakan pada kesempatan lain. Akan tetapi, begitu kebiasaan ini dicoba istiqamahkan, sering mengalami kendala terutama ketika asyik-asyiknya menulis di waktu pagi, tiba-tiba jam sudah hampir menunjukkan pukul 7.00 yang mau tidak mau harus nutul (finger print) sebagai pertanda kehadiran diri dosen pada setiap hari yang sorenya juga nutul lagi.

Kedua,  manakala kesempatan sudah ada tetapi tempo untuk menulisnya sangat terbatas pada kondisi weab terkadang dalam keadaab limit. Di sini baru namanya nasib. Jelasnya, apapun tulisan yang hendak saya tulis, dalam kondisi yang begini, akhirnya kandas. Seperti yang terjadi pada dua tulisan yang ingin ditulis pada tanggal 29 dan 30 September 2015, sedang tanggal 30-nya pada jam 20.00 webnya dalam keadan tidak dapat ditayang.  Jawabnya, “pasrah.” Dua tulisan tidak bisa dihadirkan di web.

Akhirnya, kalau menghendaki menulis mininal 17 kali terus secara istikamah di web, maka tidak ada jalan lain. Minimal empat hari sebelum akhir bulan 17 tulisan mesti sudah siap tayang. Cara lain belum ditemukan (Erfan)

1 thought on “Apa Yang Bisa Ditulis dan Tak Bisa Ditulis di Blog

    • Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I¡¦m gonna watch out for brussels. I will appreciate if you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *