Doa Jika Harus Keluar Rumah Ketika Saat Wabah Covid 19 Merebak

Sebelum berdoa, biasakan diri kita ini siap mental, fisik, dan psikhis. Biasakan diri untuk senantiasa dalam suasana tenang dan sekaligus sabar, tahan uji. Diusahakan sedemikian rupa diri tidak panik, karena panik itu adalah sudah dalam suasana ibarat diri ini sakit.

Ibnu Sina mengatakan, al-Wahmu Nishfud Da’, wa al-Ithmi’nanu Nishfud Dawa’, was Shabru Bidayatus Syifa’ ‘Kepanikan adalah separuh penyakit, keterangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah permulaan kesembuhan.’

Apa saja doa yang dipersiapkan sekiranya kita memang mesti keluar rumah, untuk memenuhi kewajiban mencari nafkah atau memenuhi tugas negara atau umat yang tidak boleh tidak mesti diselesaikan:

  1. Membaca dzikir keluar rumah:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله
Nabi saw bersabda, “Sesia[a membaca dzikir ini saat keluar rumah, maka dia akan diberi petunjuk, dicukupi kebutuhannya, dan dilindungi (dari pelbagai bahaya).” [HR. Abu Dawud: 5095, shahih].

2. Membaca doa ketika singgah/duduk di suatu tempat:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقْ
Nabi saw bersabda: “Sesiapa yang singgah di suatu tempat, dan dia baca dzikir ini maka tidak ada sesuatu pun yang membahayakannya, sampai dia meninggalkan tempat itu.” [HR. Muslim: 2708]

3.Membaca setiap pagi dan sore, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebanyak 3 kali.Nabi saw bersabda: “Bacalah Surah Al-Ikhlas dan Surah Al-Mu’awwidzatain, saat pagi dan sore, masing-masing 3 kali, ia melindungi kita dari banyak hal.” [HR. Abu Dawud: 5082, Hasan].

4. Membaca dzikir saat melihat orang yang terkena suatu bala’:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكُمْ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا

Nabi saw pernah bersabda, “Sesiapa melihat orang sedang terkena bala’, dan membaca dzikir ini, maka dia diselamatkan dari bala’ itu.” [HR. At-Turmudzi: 3431, Hasan].

5. Melakukan usaha lahiriah sehingga terjaga dan selamat dari bala’ dan musibah … sejalan arahan ahli kesehatan seperti : memakai masker, makan bergizi, berjaga jarak dalam kontak, [jika berjabat tangan] dengan dua tapak tangan nyatu di dada, dsb.

6. Dimanapun sempatkan terus banyak doa di bawah ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئْ الْأَسْقَامِ

Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari penyakit kusta, gila, penyakit lepra, dan dari penyakit-penyakit buruk yang lain (H.R. Abu Daud dan Ahmad).

Setelah semuanya dilakukan. Maka bertawakkallah kepada Allah …., karena hanya Dialah sebaik-baik kita bertawakkal. Semoga usaha kita lancar, sukses, dan berkah (M. Erfan Soebahar).

1372

1,372 thoughts on “Doa Jika Harus Keluar Rumah Ketika Saat Wabah Covid 19 Merebak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *