Memasuki Hari Ke-2 di UQ

Pada hari kedua ini, Rabu 9 Oktober 2013, rombongan sudah mulai menujukan diri ke fokus yang sama didalami selama di UQ. Untuk itu, tim dikenalkan dengan teknik mengeksplorasi data di perpustakaan dan diperkenalkan dengan seluk beluk kelem-bagaan di universitas ini, termasuk ke space bangunan.

Oleh Ibu Santi, orang Indonesia yang sudah 13 tahun berada di UQ, kami diterima di Building 14 untuk diberi arahan mengenai Perpustakaan. Di situ kami diberi paparan mengenai bagaimana mengeksplorasi bahan kepustakaan secara online sesuai dengan bidang yang dikaji, baik baik yang bertulis Arab maupun Inggris, yang juga bisa saja dengan bahasa lain seperti China dan Jepang. Sejak alamat web yang mesti dibuka maupun kode-kodenga, sama bisa dieksplorasi melalui perpustakaan online di UC.

Substansinya sudah langsung bisa dikanton gi oleh para peserta. Pada hari ini, semua  tim sudah mulai mengenal secara garis besar beberapa teknik pengoperasian bahan kepustakaan, dan di hari esok, akan dilanjutkan dengan pendalaman dan praktek memperoleh datanya di perpustakaan.

Pada program Program Briefing Internet Log-on Library Acces ini, kami diberi informasi yang cukup di Building 14 UQ St Lucia Campus. Room 417 – Level 6. Dari Pukul 09.00-menjelang 12.00.

Pada pukul 12.00, kami sama diajak ke Terrace Room РLefel 6, untuk mengikuti acara Welcome Lunch. Sejumlah guru besar dan protokol acara menunggu kami di ruang ini. Setelah memasuki ruangan kami disambut dengan saling kenal dan penuh keakraban, lalu dipersilakan duduk menempati kursi-kursi secara berkelompok, sambil dipersilakan  bersantap siang. Dilanjutkan dengan masing-masing diberi kesempatan cukup untuk beraudensi dengan profesor, dan menyampaikan apa yang akan dicarinya nanti selama berada di UQ. Baik mengenai hukum, psikologi, keislaman, kependidikan, data awal mengenainya sudah sama dikantongi oleh peserta. Kepada siapa mereka nanti memperoleh kesempatan berbicara untuk mendalami penelitian yang akan dibuat dan dilaporkan mereka masing-masing. Kesempatan ini berjalan sampai pukul 13.30, yang kemudian dilanjutkan dengan Campus Tour.

Acara Campus Tour ini begitu menarik, karena kami diperkenalkan langsung oleh orang dari Indonesia yang kebetulan Studi S3 di UC. Di situlah, kami ditunjukkan ke semua fakultas dan bangunan perguruan tinggi lainnya yang megah, bersih, dan tertata baik.

IMG-20131009-00060-1

Di Gedung 14 ini acara bagi tim diadakan

Kami juga dihantar ke sebuah gedung multiguna, yang di dalamnya sudah ada hamparan sajadah, untuk sewaktu-waktu siap digunakan salat berjamaah dan aktivitas keagamaan. Di tempat itu, kami dipersilakan salat zhuhur dan ashar secara berjamaah, yang di dalamnya juga ada mahasiswa dari sejumlah negara di dunia yang menjadi mahasiswa di UQ.

Selama berjalan di antara sejumlah gedung bertingkat 3-5 itu, kami juga melewati mahasiswa yang aktif studi dan beristirahat. Di antara mereka ada yang duduk-dudui di atas rumput dengan pakaian yang beragam. Tidak terkesan ada aturan formal untuk seragama di UQ ini, namun untuk para dosen, guru besar, dan petugas, semua rapi, dan jika bertugas, siap untuk menjelaskan apa yang dipertanyakan oleh rombongan (Erfan Soebahar).

1 thought on “Memasuki Hari Ke-2 di UQ

    • Thanks so much for giving everyone an extremely remarkable opportunity to read in detail from this web site. It is often so terrific and packed with fun for me and my office mates to search your website at the least three times per week to learn the new things you will have. And of course, I’m certainly happy for the wonderful tips served by you. Certain 2 tips in this posting are absolutely the best I’ve ever had.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *