Pondok Pesantren Yang Khas, Salafiyah-NU dan Salafiyah-Wahabi

Pada awal November 2022 MUI Jawa Tengah bekerjasama dengan UIN Walisongo mengadakan acara Halaqah Ulama Nasional dengan tema “Menjaga Marwah Pesantren.” Sejumlah narasum-ber dihadirkan di Hotel Ciputera yang beberapa jam setelah pembukaan acara berlangsung juga Gerhana Bulan pada hari Selasa Malam Rabu 6 Rabi’ul Akhir 1444 Hijri.

Pesantren dan Perkembangan
Membicarakan pesantren adalah menguraikan insitusi pendidikan yang khas. Kekhasannya ia merupakan pendidikan yang berbasis agama dan pendidikan yang lain memperkuat pendidikan agama. Di pesanttren pendidikannya mengalami perkembangan sistem, dari pesantren ke madrasah, madrasah ke sekolah. Namun pesantren tetap pesantren dengan ciri-ciri khas yang disandangnya baik yang salafi maupun yang modern.

Ciri Pesantren di Indonesia
Dalam perkembangan dewasa ini, di dunia pesantren dijumpai variasi yang bersifat asli yang lahir dan tumbuh serta berkembang khas ala Indonesia. Pada sisi lain, beberapa tahun terakhir ini, hadis model pesantren yang non-Indonesia, yang keduanya dapat dibandingkan sebagai yang berikut ini.
1- Pesantren Salafiyah-NU

2- Pesantren Salafi-Wahabi

2982

2,982 thoughts on “Pondok Pesantren Yang Khas, Salafiyah-NU dan Salafiyah-Wahabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *